Pimpin Rakorda, Pj Bupati Buton Selatan: Perlu Harmonisasi Seluruh Stakeholder

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Jumat, 09 Februari 2024
0 dilihat
Pimpin Rakorda, Pj Bupati Buton Selatan: Perlu Harmonisasi Seluruh Stakeholder
La Ode Budiman Pj Bupati Buton Selatan saat memimpin Rakorda Buton Selatan. Foto: DisKomInfo Buton Selatan

" La Ode Budiman, Pj Bupati Buton Selatan pimpin Rakorda dalam rangka percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, penanganan inflasi daerah, penurunan prevelansi stunting dan stabilitas daerah menyongsong Pemilu 2024 "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - La Ode Budiman, Pj Bupati Buton Selatan pimpin Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) pada Selasa (21/2/2024), dalam rangka percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, penanganan inflasi daerah, penurunan prevelansi stunting dan stabilitas daerah menyongsong Pemilu 2024.

Rakorda ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo pada Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia tahun 2023 yang diselenggarakan pada 17 Januari 2024 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat.

Pj Bupati Buton Selatan dalam arahannya menyatakan, untuk mencapai target yang menjadi fokus Rakorda, maka diperlukan harmonisasi di tingkat Kabupaten Buton Selatan bersama seluruh stakeholder. Sehingga semua pihak seyogyanya dapat bersama-sama menurunkan dan menghapuskan kemiskinan ekstrem di daerah.

Budiman menyebutkan, terkait stunting, sudah ada penurunan prevelansi yang signifikan sebanyak 13 persen sejak tahun 2022, dan saat ini tersisa 32 persen. Namun kata dia, perlu ada strategi khusus sehingga pada tahun 2024 target nasional 14 persen dapat tercapai.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa sejumlah langkah telah dilakukan dalam hal penurunan stunting dengan menghadirkan program Bapak Asuh dan Ibu Asuh yang mana pada program tersebut ASN diharapkan menjadi ujung tombak untuk mengambil peranan mengemban tanggung jawab penuh dalam menyukseskan program penurunan stunting.

Baca Juga: Kapal Perintis Penyebrangan Antar Pulau Perdana Hadir di Buton Selatan

Kemudian terkait penanganan inflasi, sudah dilakukan sejumlah tindakan melalui kegiatan survei pasar dimana harga beras disinyalir memberi sumbangsih terhadap inflasi di Kabupaten Buton Selatan.

"Makanya kita terus dengungkan inovasi Gerakan Satu Hari Tanpa Nasi atau One Day No Rice," kata Pj Bupati Buton Selatan, Selasa (21/2/2024).

Baca Juga: DWP Buton Selatan Bantu Cegah Kekerasan di Lingkungan Sekolah

Kata dia, kita (masyarakat) tidak boleh bergantung pada beras terus sebab banyak potensi pengganti karbohidrat makanan non beras yang dapat ditanam oleh para petani di Buton Selatan.

Kemudian pada kesempatan tersebut, ia meminta dukungan semua pihak untuk bersama-sama mengawal dan menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan sekali. Sehingga diharapkan semoga rancangan awal yang dibangun bersama dalam persiapan pemilu dengan stakeholder terkait dapat berjalan maksimal.

"Semoga niat baik kita untuk perhelatan pesta demokrasi berjalan lancar dan sukses sehingga tujuan pembangunan daerah bisa tercapai," tandasnya. (C-Adv)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga