PIN Polio Sasar 14.219 Anak di Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 23 Juli 2024
0 dilihat
PIN Polio Sasar 14.219 Anak di Muna Barat
Launching PIN Polio dilakukan usai perayaan HUT ke-10 Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Momen HUT ke-10 Muna Barat, Dinas Kesehatan launching Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio dengan menyasar 14.219 anak di Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Momen HUT ke-10 Muna Barat, Dinas Kesehatan launching Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio dengan menyasar 14.219 anak di Muna Barat.

Pantauan media, seusai upacara perayaan HUT Muna Barat, Pj Bupati La Ode Butolo langsung membuka launching PIN polio. Dalam launching tersebut ia mengharapkan agar anak Indonesia khususnya Muna Barat selalu sehat dan tumbuh berkembang dengan baik.

Sehingga ke depannya mampu mengharumkan nama Muna Barat dan menjadi kebanggaan bagi daerah, terlebih dalam menghadapi Indonesia Emas di tahun 2045.

"Semoga kita semua terhindar dari bala, dan selalu sehat," ujarnya, Selasa (23/7/2024).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Muna Barat, La Ode Mahajaya, mengatakan, PIN Polio ini akan dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap pertama di 23-29 Juli dan tahap kedua 6 Agustus 2024.

Baca Juga: Refleksi Pembangunan 10 Tahun Muna Barat, Sudah Dipimpin 7 Bupati

Pihaknya menargetkan 14.219 orang anak, sehingga untuk dapat mencapai target tersebut setiap puskesmas sudah diberikan target minimal dalam sehari dapat memberikan vaksin kepada 100 sampai 150 anak per hari.

Kemudian, anak harus mengikuti vaksin selama dua tahap sehingga ketika ada anak yang hanya mengikuti satu tahap dan tidak mengikuti tahap keduanya maka akan kembali mengulangi vaksin dari awal.

Baca Juga: Pj Bupati Minta Semua Elemen Sukseskan HUT ke-10 Muna Barat

“Umur anak diberikan vaksin tetes PIN Polio ini adalah 0-7 tahun 11 bulan 29 hari,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan seluruh kepala desa dan lurah dapat menyampaikan dan menginstruksikan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi di semua fasilitas kesehatan (faskes) baik di puskesmas, pustu, dan posyandu.

Pemilihan vaksin tetes dalam PIN Polio adalah untuk memberikan kekebalan di usus agar virusnya tidak berkembang biak dalam saluran pencernaan. Keuntungannya adalah vaksin tetes dapat memberikan perlindungan kepada orang-orang di sekitar anak tersebut. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga