adplus-dvertising

Pj Bupati 3 Daerah di Sulawesi Tenggara Diproses Kemendagri

Haidir Ali, telisik indonesia
Senin, 09 Mei 2022
9144 dilihat
Pj Bupati 3 Daerah di Sulawesi Tenggara Diproses Kemendagri
Dari kiri: Bupati Buton Tengah, Samahuddin, Bupati Muna Barat, Achmad Lamani dan Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani. Ketiga bupati ini akan segera habis masa jabatannya pada 22 Mei 2022 mendatang. Foto: Ist

" Tersisa 14 hari atau dua Minggu lagi, masa jabatan 3 bupati di Provinsi Sulawesi Tenggara akan berakhir "

KENDARI, TELISIK.ID - Tersisa 14 hari atau dua Minggu lagi, yakni 22 Mei 2022, masa jabatan 3 bupati di Provinsi Sulawesi Tenggara akan berakhir, mereka adalah Bupati Buton Tengah, Samahuddin, Bupati Muna Barat, Achmad Lamani dan Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani.

Tiga bupati tersebut selanjutnya akan digantikan oleh seorang Penjabat (Pj) bupati yang diajukan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Terkait perkembangan dan penentuan siapa kandidat calon Pj bupati 3 kabupaten yang diajukan, saat ini sementara dalam proses di Kemendagri.


Hal ini diungkapkan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas yang mengatakan, 3 bupati yang akan berakhir masa jabatannya bulan ini, sudah diusulkan ke Kemendagri dan sedang dalam proses.

"Jadi mekanisme penentuan calon Pj bupati/wali kota maupun Pj gubernur semua diatur oleh ketentuan yang dikeluarkan dari Mendagri," bebernya, Senin (9/5/2022).

Baca Juga: Nama Penjabat Bupati Busel, Buteng dan Mubar Sudah di Kemendagri RI

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Tenggara, Ridwan Badalah mengungkapkan, benar jika ada proses rekrutmen calon Pj Bupati Muna Barat, Buton Tengah dan Buton Selatan. Tetapi itu adalah kewenangan seorang gubernur mengusulkan 3 nama ke Kemendagri.

Terkait siapa nama-nama yang diajukan, pihaknya tidak memiliki kewenangan karena sifatnya rahasia.

"Semua itu sifatnya rahasia, yang tau itu pihak Kemendagri, kami tidak punya kewenangan," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, saat ini sedang melalui proses di Kemendagri. Tentunya harus menunggu keputusan dari Kemendagri yang berwenang atas penentuan 3 Pj bupati tersebut.

Baca Juga: Surat Mahkamah Partai Hanura Tak Mampan Ganti Ketua DPRD Muna

"Ini kan lagi dua Minggu, semua sedang dalam proses, kita tunggu saja. Insya Allah Minggu depan sudah ada gambaran atau bahkan sudah akan jelas siapa-siapa yang menjadi calon Pj bupati di tiga daerah tersebut," terangnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, Muliadi, untuk saat ini sedang dalam proses dan pihaknya sedang menunggu pengumuman yang dikeluarkan oleh Kemendagri.

"Iya untuk calon Pj bupati, semua ada prosesnya dan sekarang sedang dalam proses, kita tunggu saja pengumumannya," ungkapnya. (A)

Reporter: Haidir Ali

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga