Pj Bupati Buton Basiran Raih Penghargaan Best Future Leaders 2023

Febriyani, telisik indonesia
Sabtu, 29 Juli 2023
0 dilihat
Pj Bupati Buton Basiran Raih Penghargaan Best Future Leaders 2023
Pj Bupati Buton, Basiran, terpilih menjadi salah satu Best Future Leaders Of Indonesia 2023. Basiran dinilai sukses memberikan inovasi perubahan di Buton. Foto: Ist.

" Penjabat (Pj) Bupati Buton, Basiran, mendapatkan penghargaan sebagai Inovator Perubahan dalam kategori Indonesia Best Future Leaders 2023, atau Pemimpin Masa Depan Terbaik Indonesia 2023 "

BUTON, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Bupati Buton, Basiran, mendapatkan penghargaan sebagai Inovator Perubahan dalam kategori Indonesia Best Future Leaders 2023, atau Pemimpin Masa Depan Terbaik Indonesia 2023.

Seven Media Asia menilai Pj Bupati Buton, Basiran, sukses meningkatkan pembangunan di Kabupaten Buton. Kabupaten Buton terus berinovasi meningkatkan kualitas urusan wajib pelayanan dasar.

Seperti pendidikan, kesehatan, sosial, pekerjaan umum dan penataan ruang, urusan perumahan rakyat dan kawasan permukiman dan urusan ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat.

Penghargaan Inovator Perubahan yang diperoleh Basiran bukan hanya berhasil membranding dirinya. Namun bersamaan  dengan itu, dia juga mampu membuktikan kepemimpinannya dengan menjadikan Kabupaten Buton sebagai kabupaten inovatif berdasarkan hasil pengukuran dan penilaian Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Basiran mengatakan, kini Buton menjadi kabupaten inovatif, yang sebelumnya dianggap sebagai kabupaten yang kurang bahkan tidak inovativ. Penghargaan ini tentunya untuk masyarakat Buton, semoga dengan ini menjadi momentum Aspal Buton bangkit, Indonesia maju.

Baca Juga: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sabet 3 Penghargaan dari BKN Award 2023

"Malam ini saya mendapat kabar dari Kepala Badan Riset Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, Buton sudah menjadi kabupaten inovatif yang sebelumnya tidak pernah, bahkan selalu dianggap kurang inovatif, bahkan tidak inovatif. Survei yang dilakukan Seven Media memang survei yang betul-betul survei karena terkorelasi dengan publis yang dirilis oleh Kementerian Dalam Negeri tentang inovasi daerah," ucap Basiran dalam pidatonya setelah penerimaan penghargaan dari Seven Media Asia, Asia Global Council & Majalah The Leaders Magazine Indonesia sebagai Best Future Leaders of Indonesia 2023 dalam ajang bergengsi Indonesia Future Leaders Award 2023, di Hotel Radisson Golf & Convention Center Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat (28/7/2023) malam.

Basiran menambahkan, penghargaan yang diterimanya tidak terlepas dari bimbingan dan nasehat dari Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, serta dukungan masyarakat Kabupaten Buton termasuk kritik dan saran dari DPRD Buton.

Atas penghargaan yang diperoleh, dia merasa bersyukur karena memiliki OPD, camat, lurah/kepala desa yang turut membantu mengubah sesuatu yang selama ini belum pernah dilakukan.

Dengan membawa semangat perubahan sejak dilantik oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, kepemimpinan Basiran dalam waktu kurang dari satu tahun berhasil menurunkan angka stunting Kabupaten Buton dari sebelumnya berkisar di angka 19 persen menjadi 17 persen pada semester pertama tahun 2023.

Begitu pula dengan penekanan angka pengangguran, jumlah masyarakat miskin, laju inflasi hingga pertumbuhan ekonomi, semua berubah ke arah positif sejak Basiran menjabat Pj Bupati Buton.  

Baca Juga: Akhir Masa Jabatan, Kery Saiful Konggoasa Persembahkan Penghargaan untuk Kabupaten Konawe

Termasuk pemanfaatan sumber daya alam khususnya Aspal Buton yang sebelumnya tidur selama 44 tahun, di era Basiran makin masif penggunaannya di dalam negeri menggantikan aspal impor.

Para OPD kabupaten Buton mengakui kinerja Pj Bupati Buton, Basiran, yang berintegritas dan berambisi untuk menciptakan perubahan yang positif di Kabupaten Buton.

"Pak Basiran ini luar biasa. Sebelum kedatangan beliau, area perkantoran Takawa tidak serapi ini. Banyak rumput liar tumbuh menjulang tinggi. Namun setelah beliau datang, kini berubah drastis. Kita bisa merasakan dan melihat sendiri perubahannya. Ini kita baru berbicara pada penataan lingkungan hidup di Pasarwajo, tentunya masih banyak pencapaian beliau," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buton, Salmin. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga