Pj Bupati dan Camat Beda Pandangan Soal Pasar Sore di RTH Bombana

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 29 September 2022
0 dilihat
Pj Bupati dan Camat Beda Pandangan Soal Pasar Sore di RTH Bombana
Camat Rumbia Tengah saat melalukan sosialisasi rencana pemindahan pedagang sembako di Pasar Sentral Tadoha Mapacing. Hir Abrianto/Telisik

" Program Pj Bupati Bombana, Burhanuddin untuk memperindah pemandangan di Ibu kota khususnya di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kasipute terus diupayakan akan berjalan lancar "

BOMBANA, TELISIK.ID - Program Pj Bupati Bombana, Burhanuddin untuk memperindah pemandangan di Ibu kota khususnya di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kasipute terus diupayakan akan berjalan lancar.

Suasana RTH Kasipute saat ini terlihat lebih elok sejak Burhanuddin bertugas di Kabupaten Bombana.

Bukan hanya sampah yang dibersihkan, pedagang sembako seperti sayur mayur, ikan  juga rencananya tidak akan dibiarkan beraktifitas di kawasan RTH, terkecuali jenis kuliner yang akan dibuat menjamur.

Hal ini diungkapkan oleh Burhanuddin saat berkunjung memantau situasi RTH beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Digarap Jaksa, Mantan Bendahara Setda Muna Barat Tak Mampu Perlihatkan Dokumen Perjalanan Dinas

"Masyarakat tetap kita berikan kesempatan untuk berjualan di tempat yang layak di pasar, bukan tempat ini (RTH). Ini adalah tempat hiburan, rekreasi. Ada pasar sentral kita, saya minta kesadaran masyarakat dan tetap kami pindahkan," tegasnya.

Berbeda halnya Pemerintah Kecamatan Rumbia Tengah yang menilai aktifitas pasar sore selama ini memberikan kenyamanan dan juga menambah penghasilan para penjual, khususnya bagi para pedagang ikan.

Sebagaimana yang diucapkan oleh Camat Rumbia Tengah, Muslimin, jika ia mendapatkan pengakuan pedagang setempat, selama ini penjualan ikan meningkat dibandingkan berjualan di Pasar Sentral Tadoha Mapacing.

Baca Juga: RSUD Buton Selatan Kekurangan Tenaga Kesehatan dan Daya Listrik

"Kami turun sosialisasi tentang program Pak bupati untuk memindahkan pedagang sayur, ikan dan sembako lainnya di pasar sentral. Kami mendapatkan beragam tanggapan bahwa penghasilan mereka lebih meningkat disini dibandingkan di sana karena pembeli sedikit," ucap Muslimin.

Beragamnya tanggapan pedagang setempat, pihaknya juga bakal berupaya untuk mempertemukan para pedagang dengan Pj bupati, agar mendengar langsung apa tanggapan dari rencana pemindahaan pedagang ikan dan sayur mayur serta sembako lainnya.

"Tapi menurut saya sendiri, pasar di sini memberikan kenyamanan, memberikan penghasilan lebih dari pada yang dibawah (pasar sentral). Tapikan Pak Pj mungkin melihat sisi lain lagi, sehingga harus disatukan kembali di Tadoha Mappacing," pungkasnya. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Kardin

Baca Juga