Pj Bupati Kolaka Utara Beber Program Prioritas ke 127 Kepala Desa

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 31 Agustus 2022
0 dilihat
Pj Bupati Kolaka Utara Beber Program Prioritas ke 127 Kepala Desa
Pj Bupati Kolaka Utara, Andi Parinringi (kanan), didampingi Kadis PMD, Patehuddin (kiri) dan Asisten III, Idris (kanan) ketika Rakor bersama 127 kepala desa. Foto: Muh. Risal H/Telisik.

" Pertimbangannya, jika Bandara selesai investor akan mudah berivestasi di Kolaka Utara karena Kolaka Utara memiliki sumber daya alam melimpah "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Setelah menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama Sekda, Asisten, Kepala OPD, camat serta seluruh ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dua hari lalu. Pj Bupati, Andi Parinringi, kembali menggelar Rakor bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dan 127 kepala desa, Rabu (31/8/2022).

"Inti pertemuan ini adalah mengajak para kepala desa agar bisa bersinergi dengan semua stakeholder, baik level kecamatan maupun pemerintah daerah dalam proses pemerintahan, sosial kemasyarakatan dan juga pembangunan di tingkat desa," terangnya.

Lebih lanjut kata Parinringi, jika kepala desa memiliki peran penting sebagai ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Untuk itu, silaturahim amat penting dalam rangkaian percepatan penyelenggaraan pembangunan di desa.

"Kami berharap kita semua dapat menjaga stabilitas baik keamanan maupun hal-hal lain karena tujuan kami sebagai Pj bupati melanjutkan program para pendahulu dan merumuskan program lain untuk menarik investor masuk di Kabupaten Kolaka Utara," ujarnya.

Kata dia, Kolaka Utara begitu kaya, memiliki potensi sumber daya alam melimpah, seperti nikel, kakao, cengkeh, hasil pertanian, perikanan dan sektor pariwisata.

Baca Juga: Setelah Disuarakan Rakyat, DPRD dan Dinas PUPR Bombana Cek Kerusakan Jalan Desa

"Inilah yang akan kita kembangkan ke depan, sehingga kami mengajak semua Kades untuk mendukung semua program-program yang akan dilaksanakan," imbuhnya.

Menurut Kepala DPM PTSP Sulawesi Tenggara ini, untuk program OPD tugasnya sebagai Pj bupati akan menjalankan secara normatif.

"Insya Allah sebagai Pj Bupati, kami akan melanjutkan dan tuntaskan pembangunan Bandara Kolaka Utara. Pertimbangannya, jika Bandara selesai investor akan mudah berivestasi di Kolaka Utara karena Kolaka Utara memiliki sumber daya alam melimpah," katanya.

Selain Bandara, mantan Wakil Bupati Konawe tahun 2013 ini juga menyampaikan, keinginan PT Terra membangun pabrik smelter di Kabupaten Kolaka Utara.

Keseriusan perusahaan itu, tampak setelah pihak perusahaan mempersetasekan persiapan mereka di depan Gubernur Sulawesi Tenggara, DPM PTSP Sulawesi Tenggara, DPM PTSP Kabupaten Kolaka Utara dan Kepala Kantor Pertanahan beberapa bulan lalu.

"Kami berharap agar pemerintah desa bersinergi bersama pemerintah daerah mendukung dan mendorong percepatan pembangunan smelter itu untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat di Kolaka Utara," harapnya.

Ketua percepatan investasi di Sulawesi Tenggara ini menyatakan, dalam waktu dekat ini pemerintah daerah akan mengundang pemilik perusahaan tersebut untuk persentase sekaligus melihat langsung wilayah tempat pembangunan smelter di Kolaka Utara.

"Kalau tidak ada kendala, Minggu depan atau bulan depan kami akan mengundang mereka berkunjung di Kabupaten Kolaka Utara dan kami sangat berharap kita semua mendukung pembangunan smelter itu," tukasnya.

Selain dua program tadi, Parinringi juga menginginkan pembangunan hotel bintang 3 di Kolaka Utara sebagai salah satu penarik sekaligus pendukung masuknya investor.

"Tiga program ini beriringan dan saling mendukung antara pembangunan smelter, bandara dan hotel bintang 3," pungkasnya.

Baca Juga: Plt Bupati Koltim Ajak Seluruh Pihak Sukseskan Pilkades Serentak

Senada, Kepala Dinas PMD Kolaka Utara, Patehuddin, meminta pemerintah desa bersinergi mendukung program percepatan pembangunan di Kolaka Utara sesuai arahan Pj Bupati.

Ia juga meminta para kepala desa membangun komunikasi dengan DPMD dalam hal pengelolaan anggaran ADD dan DD sebagai upaya percepatan realisasi dua sumber anggaran tersebut.

"Kami minta agar pemerintah desa memperhatikan penyerapan dua sumber anggaran tersebut khususnya ADD karena itu menyangkut hak-hak aparat desa dan kalau ada kendala silahkan kekantor menyampaikan kendalanya," terangnya.

Pada kesempatan ini, Kadis PMD juga menyampaikan beberapa agenda pemerintah desa, termasuk serapan anggaran dan postur anggaran pemerintah desa kepada Pj bupati dan 127 kepala desa. (B)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga