Pj Bupati Kolaka Utara Sukanto Ingatkan Warga Bebas dari Tekanan Saat Pilkada 2024

Muh. Risal H, telisik indonesia
Minggu, 18 Agustus 2024
0 dilihat
Pj Bupati Kolaka Utara Sukanto Ingatkan Warga Bebas dari Tekanan Saat Pilkada 2024
Penjabat Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding sampaikan sambutan pada malam ramah tamah HUT RI ke-79 tahun 2024. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

" Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding, mengingatkan warga merdeka, bebas, tidak mendapat intervensi, tekanan, dan gangguan dalam menentukan calon pemimpin Kabupaten Kolaka Utara dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding, mengingatkan warga merdeka, bebas, tidak mendapat intervensi, tekanan, dan gangguan dalam menentukan calon pemimpin Kabupaten Kolaka Utara dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Ajakan tersebut diserukan Sukanto saat menghadiri malam ramah tamah Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di alun-alun Kirambu, Kota Lasusua, Sabtu (17/8/2024) malam.

Sukanto mengajak masyarakat bersama-sama menggunakan dan mewujudkan semangat kemerdekaan dengan sebaik-baiknya, terutama menghadapi Pilbup Kolaka Utara dan pemilihan gubernur-wakil gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara.

“Bagaimana kemudian kita semua bisa bebas dan merdeka dalam menentukan siapa yang menjadi bupati dan wakil bupati kita. Bebas dan merdeka tidak mendapat intervensi, tekanan, dan gangguan,” katanya.

Baca Juga: Belasan Pelajar Berprestasi di Kolaka Utara Terima Dana Pembinaan

Alumnus Studi Urban Management  University of Technology Sydney, Australia, ini menekankan tentang bebas dan merdeka menaruh pilihan serta harapan pada figur atau sosok andalan yang akan dipilih.

Sikap pilihan seperti itu, menurut Sukanto, dimaksudkan agar calon pemimpin terpilih bisa mewujudkan pembangunan yang merata dan berkesejahteraan sosial di seluruh Kabupaten Kolaka Utara periode 2024-2029.

“Di tangan pemimpin yang tepat, maka insyaAllah kemajuan pembangunan Kabupaten Kolaka Utara akan kita wujudkan bersama,” ujarnya.

Sukanto, eks Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bombana periode 2012 – 2015, juga mengapresiasi panitia penyelenggara HUT ke-79 Kemerdekaan RI beserta semua pihak yang telah membantu, sehingga seluruh rangkaian kegiatan berjalan sukses.

Mantan Asisten III Setda Provinsi Sulawesi Tenggara ini juga menyatakan kekagumannya terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), yang diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang menggunakan konsep forest city atau kota hutan atau kota dalam taman.

“Ini merupakan konsep pembangunan kota masa depan,” terangnya.

Mengutip pernyataan Jokowi dalam rapat koordinasi para kepala daerah di IKN, Sukanto mengatakan daerah di Indonesia dapat mencontoh proses pembangunan dengan konsep forest city.

Menurutnya, momentum perayaan HUT ke-79 R? di IKN tersebut, mencerminkan peluang sekaligus tantangan khususnya daerah Kabupaten Kolaka Utara sebagai salah satu wilayah yang pas untuk mengadopsi kebijakan berpikir Jokowi.

Baca Juga: Artis Jebolan D'Academy Asia Sukses Hibur Masyarakat Kolaka Utara

Pembangunan atau pengelolaan Sumber Daya Alam yang bersinergi dengan semua stakeholders, kata Sukanto, dilaksanakan untuk mewujudkan hidup keberlangsungan alam yang tetap lestari.

“Tidak menghancurkan tetapi saling melengkapi dan menjaga keberlanjutan untuk generasi yang akan datang,” ujarnya.

Untuk mewujudkan pembangunan yang dapat mengakomodir berbagai unsur itu, lanjut Sukanto, perlu diawali dengan langkah pertama yakni menentukan pemimpin yang mumpuni.

Tidak hanya mengerti dan memahami konsep pembangunan yang terbaik bagi masyarakat Kolaka Utara. Namun, kata Sukanto, mampu mewujudkan cita-cita dan harapan pembangunan berkelanjutan bagi masyarakat Kolaka Utara. (C)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga