Pj Bupati Kolaka Utara Ungkap Realisasi Bantuan Program Keagamaan Selama Ramadan

Muhammad Risal, telisik indonesia
Jumat, 29 Maret 2024
0 dilihat
Pj Bupati Kolaka Utara Ungkap Realisasi Bantuan Program Keagamaan Selama Ramadan
Pj Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding sampaikan sambutan pada peringatan malam Nuzulul Qur'an di Masjid Agung Kota Lasusua. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

" Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding menyampaikan realisasi berbagai program kegiatan keagamaan, baik selama bulan Ramadan maupun di luar dari bulan suci ini "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding menyampaikan realisasi berbagai program kegiatan keagamaan, baik selama bulan Ramadan maupun di luar dari bulan suci ini.

Giat tersebut antara lain, penyaluran anggaran bantuan pembangunan masjid dan lembaga keagamaan lainnya, pemberian insentif untuk para pembina tilawah.

Kemudian pembina tahfidz Pemkab Kolaka Utara, para imam kecamatan dan kabupaten, pemberdayaan zakat profesi ASN, pelaksanaan safari Ramadhan, pemberian bantuan dana bagi pelaku UMKM dan kegiatan keagamaan lainnya.

Baca Juga: Ini Penjelasan BKPSDM Kolaka Utara Soal Nasib Kelulusan PPPK Dinsos yang Dianulir Menpan-RB

"Mudah-mudahan dengan program itu akan berlanjut kepada membangun keluarga Qur'ani, masyarakat Qur'ani, dan generasi Qur'ani," ujarnya pada peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid Agung Kota Lasusua, Rabu (27/3/2024).

Pj Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding bersama para kepala OPD dan Asisten Setda Kolaka Utara. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

 

Berbagai program keagamaan ini menunjukan bahwa Pemkab Kolaka Utara tidak hanya berorientasi pada pembangunan fisik, tapi juga mengarah pada pembangunan moral dan spritual.

"Nantinya masyarakat dan generasi Islam di Kolaka Utara dapat membentengi diri dari berbagai pengaruh yang dapat menimbulkan lunturnya iman dan akhlak menuju masyarakat religius," ujarnya.

Menurut Asisten III Setda Provinsi Sulawesi Tenggara ini, Al-Qur'an sebagai risalah terakhir yang sempurna dan universal yang menjadi petunjuk bagi masyarakat yang berkebudayaan dan berkepribadian maju, menurunkan banyak pesan yang mesti diamalkan.

Substansi ajaran Al-Qur'an sebenarnya tidak dimaksudkan untuk menciptakan masyarakat yang seragam di seluruh belahan bumi dan sepanjang masa, namun kata dia, memberikan prinsip-prinsip umum yang dapat membangun peradaban madani.

"Memungkinkan terjadinya pola keseimbangan hidup di dalam masyarakat sehingga tercipta masyarakat Baldatun Thoyyibatun wa Rabbun Ghafur," imbuhnya.

Sukanto Toding menambahkan, Al-Qur'an memiliki dimensi historis, ruang, dan waktu yang berbeda, al-Qur'an merespon berbagai problematika sosial kehidupan yang terjadi di dalam masyarakat atau memberi ketetapan hukum sebagai ajaran agama yang mesti ditaati.

Olehnya itu, bacaan terhadap Al-Qur'an membutuhkan pengetahuan yang mendalam, terutama dalam upaya menggali makna-makna yang terkandung di dalamnya.

"Saya berharap bulan Ramadhan ini dapat dijadikan momentum untuk menjalin silaturahmi yang baik, memperbaiki dan meningkatkan pemahaman, penghayatan, serta pengalaman kita terhadap ajaran Al-Qur'an," imbaunya.

"Termasuk menyadari pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup kita agar bisa terindar dari berbagai bencana alam yang akan merugikan kita semua," tutup Pj Bupati.

Baca Juga: Sambangi Kemenkes, Pj Bupati Kolaka Utara Apresiasi Kerja Pansus DPRD

Sebelumnya, Pemkab Kolaka Utara bersama Baznas Kolaka Utara telah menyalurkan zakat profesi ASN Kolaka Utara, ASN Kemenag Kolaka Utara, dan Karyawan PDAM  kurang lebih Rp 1,5 miliar untuk asnab fakir dan miskin yang tersebar di 133 desa/kelurahan di 15 kecamatan.

Kepala Baznas Kolaka Utara, Ajmal Arif mengungkapkan, keseluruhan penerima (zakat ASN, red) di Kolaka Utara sebanyak 2.793 orang, terdiri dari faqir 798 dan miskin 1995.

"Total penerima zakat mal setiap desa sebanyak 21 orang termasuk dalam jumlah itu keluarga fakir dan miskin," Kata Ajmal.

Selain zakat mal, Pejabat Kolaka Utara, Sukanto Toding juga menyalurkan bantuan untuk pembangunan beberapa masjid dan musolah di Kolaka Utara. (B-info)

Penulis: Muhammad Risal

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga