Pj Bupati Konawe Bakal Berikan Bantuan Fasilitas Pendidikan dan Kesehatan di Desa Saponda

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 06 Desember 2023
0 dilihat
Pj Bupati Konawe Bakal Berikan Bantuan Fasilitas Pendidikan dan Kesehatan di Desa Saponda
Kunjungi Desa Saponda, Pj Bupati Konawe bakal berikan bantuan fasilitas oendidikan dan kesehatan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Untuk fasilitas kesehatan di Desa Saponda, pemerintah daerah bakal memberikan bantuan berupa ambulans laut untuk mempermudah akses kesehatan "

KONAWE, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Bupati Konawe melakukan kunjungan kerja di Desa Saponda, Kecamatan Soropia, guna meninjau infrastruktur yang ada, Rabu (6/12/2023)

Dalam kunjungannya, Pj Bupati Konawe didampingi jajaran forkopimda, Kepala OPD, camat, kepala desa dan dihadiri oleh pelajar serta masyarakat Desa Saponda.

Penjabat Bupati Konawe, Harmin Ramba menjelaskan, dalam kunjungan ini pihaknya melihat infrastruktur yang ada seperti penahan gelombang, jalan lingkungan pulau, dan abrasi pantai.

"Apalagi di Konawe satu-satunya pulau hanya Saponda, jadi ini harus jadi perhatian," ungkapnya.

Lanjut Harmin Ramba, pihaknya juga melihat fasilitas dan pelayanan kesehatan yang ada karena petugas-petugas kesehatan yang ada tidak bermukim di sini.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Salurkan Beras di Desa Punggaluku Abuki Guna Tekan Inflasi

Harmin menambahkan, status fasilitas kesehatan disini masih polindes, namun di tahun 2024 akan ditingkatkan statusnya menjadi pustu.

Harmin mengungkapkan, setelah melakukan kunjungan ini, dirinya bakal melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan terkait petugas kesehatan yang tidak tinggal menetap di Desa Saponda.

"Petugasnya ada tapi mereka tidak tinggal di sini jadi nanti kita angkat tenaga kesehatan di sini atau angkat yang mau tinggal di sini," jelasnya.

Untuk fasilitas kesehatan di Desa Saponda, pemerintah daerah bakal memberikan bantuan berupa ambulans laut untuk mempermudah akses kesehatan di sini.

Dalam kunjungan di Desa Saponda, pemda juga memberikan bantuan berupa 377 karung beras 5 kg dalam rangka penanganan stunting dan inflasi.

Selain itu, lanjut Harmin Ramba, pihaknya juga akan memberikan bantuan alat tangkap dan kapal untuk para nelayan yang ada di Desa Saponda.

Sementara itu untuk fasilitas pendidikan, pihaknya bakal lakukan perbaikan sekolah dari gedung, paving blok dan pagar.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Geram PPPK Nakes Duduk dan Ngobrol saat Apel

"Kita juga bantu akses internet dan 2 buah laptop untuk operasional sekolahnya," jelasnya.

Sebelumnya beberapa masyarakat mengeluhkan terkait infrastruktur di Desa Saponda seperti koneksi internet, fasilitas kesehatan serta fasilitas pendidikan yang kurang memadai.

Sementara itu, salah satu warga Desa Saponda mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan bantuan yang telah diberikan pihak pemda.

"Tadi banyak bantuan yang akan diberikan untuk desa kita semoga itu cepat terealisasi," ungkapnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga