Pj Bupati Konawe dan Ketua APDESI Sulawesi Tenggara Salurkan Bantuan Pembangunan Masjid

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 23 November 2023
0 dilihat
Pj Bupati Konawe dan Ketua APDESI Sulawesi Tenggara Salurkan Bantuan Pembangunan Masjid
Pj Bupati Konawe bersama ketua APDESI Sulawesi Tenggara salurkan bantuan pembangunan masjid. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Bupati Konawe bersama Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sulawesi Tenggara menyalurkan bantuan pembangunan masjid di Kecamatan Latoma, Kabupaten Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Pj Bupati Konawe bersama Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sulawesi Tenggara menyalurkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 110 juta untuk pembangunan masjid di 11 desa dan kelurahan di Kecamatan Latoma, Kabupaten Konawe,  Rabu (22/11/2023).

Bantuan tersebut diserahkan langsung Pj Bupati Konawe saat melakukan kunjungan kerja bersama Forkopimda, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, Ketua APDESI Sulawesi Tenggara, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Konawe di Kecamatan Latoma.

"Masjid itu penting untuk diperbaiki agar masyarakat nyaman saat melaksanakan ibadah," katanya.

Menurut bupati, bantuan masjid ini diberikan langsung oleh Ketua APDESI Sulawesi Tenggara, H. Tasman. Khusus Masjid Desa Pinole dan Andoluto, H. Tasman akan memberikan bantuan hingga bangunannya selesai.

Masih kata Harmin Ramba, untuk tahun anggaran 2024 mendatang, Pemda Konawe juga  akan menggelontorkan anggaran hibah untuk pembangunan masjid di 10 desa dan satu kelurahan tersebut.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Bakal Tuntaskan Pembayaran Ganti Rugi Lahan Genangan Bendungan Ameroro

Selain bantuan pembangunan masjid di tujuh desa, Harmin Ramba juga memberikan bantuan beras kepada warga Kecamatan Latoma yang berhak menerima. Bantuan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat.

"Bantuan ini sebagai upaya pemerintah daerah menekan laju inflasi karena daya beli masyarakat menurun," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Konawe juga menyampaikan program gerakan menanam cabai, tomat dan sayuran di pekarangan rumah. Oleh karenanya, dalam kunjungan ini, dirinya juga menyerahkan bantuan bibit cabai, tomat dan sayuran kepada masyarakat setempat.

"Hari Sabtu kami akan dilakukan gerakan menanam cabai, tomat dan sayuran di SPP-SPMA Wawotobi bersama gubernur. Namun, karena kami sudah di sini (Latoma), bibit itu kita bagikan sekarang," terangnya.

Sementara itu Hotma Tanggapili selaku tokoh masyarakat Latoma pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih tak terhingga karena berkenan menginjakkan kaki di Kecamatan Latoma. Karena kata dia, sejak kecamatan definitif, baru kali ini ada Bupati Konawe yang berkunjung.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Salurkan Beras di Desa Punggaluku Abuki Guna Tekan Inflasi

Selanjutnya, Hotma Tanggapili meminta kepada Bupati Konawe agar masyarakat Latoma juga dibantu bibit kelapa sawit. Karena kata dia, kalau untuk cabai, tomat dan sayuran itu kurang maksimal.

Menanggapi permintaan masyarakat untuk diberikan bantuan bibit kelapa sawit dari Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP), Gunawan Samad memberikan respons positif terkait keluhan masyarakat tersebut.

"Kami tunggu proposalnya. Kalau proposal sudah masuk, tahun ini juga akan diberikan bantuan bibit kelapa sawit dan durian," ungkap Gunawan Samad. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga