Pj Bupati Konawe Gelar Tanam Cabai Serentak Libatkan Petani dan Pelajar

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 20 Februari 2024
0 dilihat
Pj Bupati Konawe Gelar Tanam Cabai Serentak Libatkan Petani dan Pelajar
Pj Bupati Konawe saat melakukan tanam cabai serentak bersama petani dan para pelajar di Desa Nario Indah. Foto: Ist.

" Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba melakukan kunjungan kerja serta tanam cabai serentak bersama para petani dan pelajar di Desa Nario Indah, Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba melakukan kunjungan kerja serta tanam cabai serentak bersama para petani dan pelajar di Desa Nario Indah,  Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe, Selasa (20/2/2024).

Harmin Ramba hadir bersama sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kehadirannya disambut langsung pemerintah setempat, para petani hingga pelajar.

Selain melakukan aksi tanam bibit cabai serentak bersama para pejabat lainnya, petani dan pelajar, Harmin Ramba juga melakukan panen cabai, jagung hingga bawang merah.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Gelar Seleksi Terbuka 11 Jabatan Eselon Dua

Harmin Ramba mengaku puas dengan kondisi perkebunan yang ada di Nario Indah. Dimana ia juga mendapat penjelasan jika desa tersebut selama ini dikenal sebagai surganya tanaman hortikultura, beragam jenis sayuran dan buah ada di wilayah itu.

Salah satu petani setempat, Nario Indah, meminta agar ketersediaan pupuk di toko-toko tersedia dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan pupuk untuk petani di Nario Indah.

"Semoga nantinya pupuk lebih mudah terjangkau dan tersedia di toko-toko dengan baik," pintanya.

Menanggapi hal tersebut, Harmin Ramba segera meminta dinas terkait untuk memperhatikan permintaan pupuk petani setempat.

Harmin Ramba menerangkan terkait program hilirisasi pangan yang bakal ia jalankan ke depannya. Salah satu contohnya ialah hilirisasi padi.

Baca Juga: Wujudkan Program Kota Padi, Pj Bupati Konawe Serahkan 34 Unit Alsintan untuk Kelompok Tani

"Kita selama ini kalau panen padi hasilnya ya beras saja. Ke depannya harus bisa jadi tepung dan produk ekonomis lainnya. Makanya ini yang akan kita bikinkan badan usahanya nanti," jelasnya.

Harmin Ramba juga tak lupa menyampaikan gagasannya untuk menjadikan Konawe sebagai "Kota Padi." Sejak dulu, Konawe  sudah dikenal sebagai lumbung beras Sulawesi Tenggara dan jadi penopang pangan bagi daerah lainnya.

"Konsep Konawe sebagai Kota Padi ini sudah melalui kajian-kajian. Sudah ada lampu hijau dari pusat. Tinggal kita sukseskan programnya," terangnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga