Pj Bupati Konawe Ingin Destinasi di Soropia jadi Wisata Nasional

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 08 Desember 2023
0 dilihat
Pj Bupati Konawe Ingin Destinasi di Soropia jadi Wisata Nasional
Pj Bupati Konawe Harmin Ramba, harap pengelolaan destinasi wisata di Kecamatan Soropia dapat dikelola dengan profesional. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Soropia merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Konawe yang memiliki wilayah laut dengan aneka wisata alam yang memikat wisatawan lokal, nasional dan internasional "

KONAWE, TELISIK.ID - Soropia merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Konawe yang memiliki wilayah laut dengan aneka wisata alam yang memikat wisatawan lokal, nasional dan internasional.

Bagaimana tidak, di Kecamatan Soropia terdapat beberapa destinasi wisata terkenal, mulai Pulau Bokori, Pantai Toronipa, Taman Pendidikan Laut Bintang Samudera, Sawapudo Rock Climbing, dan beberapa vila wisata lainnya.

Atal hal itu, Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba mengatakan, bakal mendorong pengelolaan pariwisata yang lebih baik di kawasan Soropia, sehingga nantinya dapat mendongkrak pendapatan daerah dari sektor pariwisata.

Baca Juga: Proyek Jaringan Perpipaan Dana PEN di Muna Dirusak Galian Drainase

Ia juga mengharapkan agar pengelolaan pariwisata di wilayah itu, dikelola lebih profesional agar dapat naik kelas menjadi destinasi wisata nasional.

“Saya kira begini, ini kawasan pariwisata sebenarnya adalah wilayah kerja kita Kabupaten Konawe. Menjadi persoalan kawasan ini sebenarnya atau spot-spot wisata ini dimiliki oleh perorangan. Kita hanya mendapatkan 30 persen dari jumlah pendapatan retribusi yang masuk ke daerah," ungkapnya, Jumat (8/12/2023).

Lanjutnya, ke depan dengan adanya Jalan Kendari-Toronipa, kawasan tersebut nantinya bukan lagi obyek kawasan wisata kabupaten tapi nasional, itu sudah berpikir ke sana, supaya pendapatannya lebih besar.

Makanya pihaknya berpikir, penguasaan kepemilikan lahan-lahan di pariwisata itu, sebaiknya dibebaskan dan diberikan pengelolaannya secara profesional kepada pengelola wisata yang baik.

"Itu kalau wisata ini mau jadi wisata nasional dan internasional, tapi kalau kita mau tradisional, ya, akan begitu-begitu saja," ungkapnya.

Baca Juga: Dituding Minta Fee Pengadaan Barang dan Jasa, Begini Kata Kadis Kominfo Bombana

Konsep berpikir saat ini, Soropia akan dijadikan sebagai sumber pendapatan Pemda Konawe dari sektor pariwisata dan akan dikelola dengan lebih baik lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Konawe, Muh Akib Ras mengatakan, untuk mengatasi masalah blank spot di Kecamatan Soropia dan mempermudah akses internet, spot-spot wisata tahun 2024 nanti Pemda Konawe telah mendapatkan bantuan 400 titik pembangunan BTS dan V-sat.

"Jadi nanti ada beberapa kecamatan yang kita tambah BTS-nya," ungkapnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga