Pj Bupati Konawe Panen Perdana Padi di Desa Tawamelewe

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 21 April 2024
0 dilihat
Pj Bupati Konawe Panen Perdana Padi di Desa Tawamelewe
Pj Bupati Konawe gelar panen padi perdana lahan II Desa Tawamelewe bersama para petani. Foto: Ist

" Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba menghadiri acara panen padi perdana di Desa Tawamelewe, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Sabtu (20/4/2024) "

KONAWE, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba menghadiri acara panen padi perdana di Desa Tawamelewe, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Sabtu (20/4/2024).

Harmin Ramba memuji ketekunan para petani yang berada di desa Tawamelewe, meskipun sebagian besar wilayah Kabupaten Konawe belum memasuki musim panen, namun para petani di Kecamatan Uepai justru telah memulai panen padi lebih awal.

"Inilah yang kita katakan Kota Padi, dan ini sangat berharga apalagi berada di tengah-tengah kondisi saat ini, tentunya kami sangat mengapresiasi akan ketekunan bapak-Ibu dalam menanam, merawat hingga panen hari ini," ucap Harmin Ramba.

Harmin Ramba berharap, beras yang ditanam dan dihasilkan petani di Kabupaten Konawe bisa diekspor sehingga harga jualnya bisa lebih baik.

Ia menyampaikan, pemerintah saat ini sudah menyiapkan tim khusus di bidang pangan, tim yang bertugas memastikan tidak ada lagi lahan tidur, dan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memaksimalkan potensi sumber daya yang ada untuk mewujudkan ketahanan pangan masyarakat.

Baca Juga: Panen Parsial, Tambak Modern di Langkoroni Muna Hasilkan 8 Ton Udang

"Dengan nilai jual padi yang tinggi, petani kita akan merasakan kesejahteraan," ungkap Harmin Ramba.

Harmin Ramba beberkan terdapat lahan sekitar 300 hektare yang akan digunakan untuk pabrik beras, yang kemudian produk beras inilah yang menjadi seperti pabrik tepung beras, pabrik pakan, pabrik pupuk, itu semua hasil dari produk beras.

"Inilah yang namanya disebut dengan hilirisasi industri sektor pertanian," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Konawe, Gunawan Samad mengatakan, persawahan merupakan satu sektor unggulan yang ada di Konawe sebagai penopang perekonomian masyarakat.

"Saya mengajak untuk para petani yang ada di Konawe untuk meningkatkan pengetahuan untuk bisa meningkatkan hasil pertanian yang ada," jelasnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Bersama Bupati Konawe Hadiri Panen Raya Hortikultura

Gunawan juga mengapresiasi kepada para petani yang ada di Kabupaten Konawe, khususnya komoditi padi bahwa sawah yang terus berkontribusi dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

"Kedepannya saya berharap agar kegiatan panen raya seperti ini menjadi kegiatan rutin di setiap desa yang ada di Konawe," harapnya.

Dalam kesempatan itu, Harmin Ramba didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Ferdinan Sapan, Pabung Konawe Letkol Inf Azwar Dinata, Kadis Pertanian Gunawan Samad dan sejumlah pejabat lainnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga