Pj Bupati Konawe Tinjau Desa Muara Sampara yang Tenggelam

Bambang Sutrisno, telisik indonesia
Senin, 27 Mei 2024
0 dilihat
Pj Bupati Konawe Tinjau Desa Muara Sampara yang Tenggelam
Pj Bupati Konawe berjabat tangan dengan warga Desa Muara Sampara. Foto: Bambang Sutrisno/Telisik

" Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba merespons keresahan warga Desa Muara Sampara dengan meninjau lokasi abrasi secara langsung "

KENDARI, TELISIK.ID - Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba merespons keresahan warga Desa Muara Sampara dengan meninjau lokasi abrasi secara langsung, Senin (27/05/2024) siang.

Kunjungan ini merupakan kali pertama Pj Bupati Konawe melihat langsung keadaan wilayah Desa Muara Sampara, Kecamatan Kapoiala yang mengalami pengikisan pantai atau abrasi sejak 6 tahun lalu, dan melihat keadaan masyarakat terdampak.

“Bantuan tanggap darurat untuk 43 rumah terdampak abrasi akan mendapatkan dana Rp 15 juta, tanggul akan dikerjakan oleh PUPR," ujarnya.

Baca Juga: Polda Diminta Tangkap Pelaku Dugaan Penghinaan Suku di Sulawesi Tenggara

Sementara jalan setapak diperbaiki mengunakan paving blok kembali. Untuk anggaran tanggul harus dari daerah baru ke pusat, karena daerah hanya mampu mengusulkan.

Terdapat langkah-langkah yang diambil Pj Bupati Konawe, pertama, jangka pendek dari Balai Sungai penahanan tanggul yang akan menyiapkan bantuan perumahan bagi 43 perbaikan rumah atau pindah ke daerah lain.

"Sementara yang kedua, pemberian sembako selama terjadinya bencana, yang ketiga penanganan kesehatan," kata Pj Bupati Konawe.

Baca Juga: Masyarakat Wakatobi Minta Kapal Jetliner Masuk Tomia, Begini Respon Kepala PT Pelni Kendari

Perwakilan Badan Wilayah Sungai Sulawesi 4 (BWS), Akil menuturkan, akan melakukan penangan darurat dalam dua hal.

Pertama mengunakan materi Geobek yang bersifat sementara, kedua pihaknya mengusulkan pakeda Kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dalam hal ini Sumber Daya Air (SDA).

"Kami pihak Balai Sungai cuma mengusulkan ke pihak Dirjen SDA mengenai proyek pembangunan tanggul," ujar Akil. (B-Adv)

Penulis: Bambang Sutrisno

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga