Pj Bupati Minta Sukseskan Program Merdeka Belajar di Bombana

Hir Abrianto, telisik indonesia
Selasa, 02 Mei 2023
0 dilihat
Pj Bupati Minta Sukseskan Program Merdeka Belajar di Bombana
Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 di halaman kantor Bupati Bombana. Foto: Hir/Telisik

" Pj Bupati Burhanuddin sebagai Inspektur upacara peringatan Hardiknas 2023 berharap program Merdeka Belajar disukseskan khususnya di Kabupaten Bombana "

BOMBANA, TELISIK. ID - Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023, Merdeka Belajar menjadi program yang diperkenalkan di dunia pendidikan.

Pj Bupati Bombana, Burhanuddin yang bertindak sebagai Inspektur upacara peringatan Hardiknas 2023 di halaman kantor Bupati Bombana berharap program Merdeka Belajar disukseskan khususnya di Kabupaten Bombana.

Dalam sambutannya, Burhanuddin mengungkapkan bahwa selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

Merdeka Belajar membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Anak-anak (pelajar) sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.

Baca Juga: Jaringan Internet Kendala Program Merdeka Belajar di Muna Barat

Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data asesmen nasional di platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform Merdeka Mengajar.

Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku, sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

"Pada pemerintahan, dukungan untuk pembangunan pendidikan betul-betul menjadi perhatian contohnya disediakannya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Sementara untuk di Kabupaten Bombana kita siapkan beasiswa kepada pelajar kita yang berprestasi dan tidak mampu," ucap Burhanuddin.

Pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka.

Baca Juga: Mewujudkan Merdeka Belajar Melalui Komunitas Belajar

Olehnya itu Ia mengajak semua pihak untuk semarakkan Hari Pendidikan Nasional dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa pendidikan yang merdeka.

Ketua PGRI Bombana, Kandamang juga menilai pendidikan bukan saja tanggung jawab guru di sekolah melainkan tanggung jawab masyarakat baik orang tua di rumah, di lingkungan masyarakat seperti lingkungan adat budaya, agama, maupun sosial.

"Mari kita sama-sama sukseskan program Merdeka Belajar. Perlu kita ingat bahwa Pendidikan bukan saja tanggung jawab guru tapi seluruh masyarakat harus turun tangan untuk melahirkan generasi yang tangguh, kreatif dan siap menghadapi peradaban," pungkasnya. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga