Pj Bupati Muna Barat dan Buton Tengah Fokus Tuntaskan Pembangunan Perkantoran

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 28 April 2023
0 dilihat
Pj Bupati Muna Barat dan Buton Tengah Fokus Tuntaskan Pembangunan Perkantoran
Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi meninjau pembangunan kantor Bupati Buton Tengah serta Pj Bupati Muna Barat, Bahri bersama Pj Bupati Buton Tengah, Muhamad Yusuf. Foto: Sunaryo/Telisik

" Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri dan Pj Bupati Buton Tengah, Muhamad Yusuf memiliki satu pandangan dalam pembangunan infrastruktur di daerahnya masing-masing "

MUNA, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri dan Pj Bupati Buton Tengah, Muhamad Yusuf memiliki satu pandangan dalam pembangunan infrastruktur di daerahnya masing-masing.

Baik Bahri maupun Yusuf, tahun ini memfokuskan pembangunan pusat perkantoran. Keduanya rela menguras APBD untuk membangun ikon daerah itu.

Pembangunan Pusat Perkantoran Bumi Laworoku, rumah jabatan bupati, wakil bupati, pimpinan DPRD, kantor DPRD, mall pelayanan publik dan masjid raya, Bahri mengalokasikan anggaran sebesar Rp 75,5 miliar.

Baca Juga: Usai Idul Fitri Permandian Wakante Muna Barat Jadi Sasaran Wisatawan

Kata Bahri, prosesnya memasuki review harga perkiraan sementara (HPS) yang dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulawesi Tenggara. Setelah ada hasili review, proses tender dilakukan.

"Kami juga sudah MoU dengan BPKP dan Kejari Muna untuk pendampingan dalam hal meminimalisir terjadinya kesalahan dalam proses pembangunan dan mencegah penyimpangan yang dapat menimbulkan kerugian keuangan negara," ungkapnya.

Untuk desain kantor bupati sesuai rumah adat Muna yang konsep pembangunannya bukan sekedar bentuk dan estetika semata, melainkan juga sebagai pembangkit masa silam, pencipta warisan masa depan dan penggerak masa kini.

"Prototipenya sudah ada di kantor bupati," sebutnya.

Bedah halnya dengan pembangunan kantor Bupati Buton Tengah yang membutuhkan anggaran sebesar Rp 67 miliar untuk tujuh lantai. Tahun ini, Pj Bupati Buton Tengah, Muhamad Yusuf baru mengalokasikan anggaran sebesar Rp 50 milar untuk pembangunan lima lantai.

"Sementara dikerja. Kontraktornya dari Sumatera Utara," ujarnya.

Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muna itu memastikan pembangunan gedung lima lantai itu akan selesai hingga Desember mendatang.

"Tiang-tiang sudah berdiri semua dan telah ditinjau oleh Gubernur Ali Mazi. Insya Allah, Desember sudah diresmikan," terangnya.

Baca Juga: Polsek Tikep Muna Barat Taklukkan DPO Polresta Kendari

Sedangkan pembangunan kantor DPRD,  anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp 40 miliar. Tahun ini, anggaran yang dialokasikan baru sebesar Rp 3 milar untuk pembangunan struktur.

Sementara itu, Plt Kadis PUPR Buton Tengah, Muhamad Said menerangkan, pembangunan kantor bupati dikerjakan oleh PT Peduli Bangsa Pusat Sumatera Utara yang lokasinya di Labungkari, Ibu Kota Buton Tengah. Gedung berlantai tujuh itu akan menggunakan lift.

"Selain gedung utama, ada juga pekerjaan lanjutan pematangan lahan dan peningkatan jalan dari simpang lima menuju pusat perkantoran," sebut mantan Kabag ULP Pemkab Muna itu. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga