Pj Bupati Muna Barat Tegaskan Belum Setujui Pembangunan Indomaret

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 05 Januari 2023
0 dilihat
Pj Bupati Muna Barat Tegaskan Belum Setujui Pembangunan Indomaret
Pj Bupati Muna Barat, Bahri angkat bicara soal pembangunan Indomaret. Foto: Ist.

" Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mulai angkat bicara terkait polemik rencana pembangunan gerai Indomaret "

MUNA, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mulai angkat bicara terkait polemik rencana pembangunan gerai Indomaret.

Bahri menegaskan, sampai saat ini, pemerintah kabupaten (pemkab) belum menyetujui usulan pembangunan 10 Indomaret di wilayah Lawa Raya dan Tiworo Raya.

"Belum ada persetujuan. Kita masih akan lakukan konsultasi publik," tegas Bahri, Kamis (5/1/2023).

Konsultasi publik sesuai rencana akan dilaksanakan pertengahan Januari ini. Ia akan mengundang seluruh tokoh-tokoh masyarakat untuk mendengarkan pemaparan dari pihak Indomaret.

Baca Juga: Pencetakan Tambak Udang di Muna Batal Dilaksanakan

"Tinggal dilihat nanti, kalau masyarakat menolak, ya kita tolak, gitu saja kok repot," terangnya.

Soal rencana pembangunan Indomaret itu, bukan kemauannya. Tetapi ada permohonan dari pihak Indomaret. Nah dari situ, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pemkab berkewajiban memfasilitasi setiap investasi yang akan masuk dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Namun, Direktur Perencanaan Keuangan Daerah, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) itu, tidak serta-merta langsung menerima permohonan itu.

"Kita mau lihat dulu, apakah menguntungkan masyarakat atau tidak. Jadi belum ada persetujuan," terangnya.

Jebolan STPDN 07 itu menegaskan, jikalau nantinya masyarakat menyetujui pembangunannya, seluruh pekerjanya adalah penduduk Muna Barat yang direkrut melalui Dinas Keternagakerjaan dan Transmigrasi. Kemudian, membuka dan menghidupkan UMKM di kalangan masyarakat serta produksi hasil pertanian, peternakan dan perikanan wajib mengisi Indomaret.

"Tidak ada niatan untuk mematikan UMKM," tegasnya lagi.

Bahri juga menyayangkan segelintir oknum-oknum di Bumi Laworoku yang selalu mengaitkaitkan apa yang dilakukan dan belum dilakukan dengan politik. Apalagi sampai dikatakan, ia berkinerja buruk berdasarkan penilaian Kemendagri.

"Oknum-oknum itu hanya asal ngomong saja. Di mana, Kemendgari merilis kinerja saya buruk. Saya hanya sanyangkan mengaku tokoh Muna Barat, tetapi kerjanya hanya fitnah," sentilnya.

Baca Juga: Warga Masalembu Jawa Tengah Madura Krisis Listrik

Bahri mengaku, tidak menutup diri maupun alergi dengan kritikan. Ia mempersilahkan bagi yang mau beraudiens dengannya.

"Di manapun, di Muna Barat, Kendari atau di Jakarta, saya siap ladeni. Jangan hanya berkoar-koar di media," terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Muna Barat, Uking Djassa sepakat bila dilakukan konsultasi publik. Tujuannya, agar ada pemahaman awal terhadap pembangunan gerai Indomaret itu.

"Bila dengan adanya gerai Indomaret itu tidak akan mematikan UMKM lokal, saya pikir sah-sah saja dibangun. Tetapi, alangkah baiknya diekspose dulu, sehingga kita bisa tahu maksud dan tujuannya," tukas politisi Golkar itu. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga