Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Dianugerahi Gelar Kesultanan Buton

Elfinasari, telisik indonesia
Selasa, 17 Oktober 2023
0 dilihat
Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Dianugerahi Gelar Kesultanan Buton
Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Komjen Pol. (P) Andap Budhi Revianto setelah menerima gelar "Mia Ogena Bhawaangi Yi Sulawesi Tenggara". Foto: Elfinasari/Telisik

" Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, Komjen Pol. (P) Andap Budhi Revianto, dianugerahi gelar adat oleh Kesultanan Buton "Mia Ogena Bhawaangi Yi Sulawesi Tenggara" "

BAUBAU, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, Komjen Pol. (P) Andap Budhi Revianto, dianugerahi gelar adat oleh Kesultanan Buton "Mia Ogena Bhawaangi Yi Sulawesi Tenggara", Selasa (17/10/2022).

Acara penganugerahan gelar kehormatan dihadiri oleh perwakilan Kesultanan Buton, pejabat pemerintah, serta bupati wali kota se-Sulawesi Tenggara.

"Alhamdulillah, saya sangat berterima kasih kepada Sultan Buton yang ke-40 dan seluruh anggota Lembaga Adat Kesultanan Buton atas anugerah gelar ini. Saya merasa terhormat menjadi bagian dari keluarga dan para sesepuh di wilayah eks Kesultanan Buton," ungkap Andap Budhi Revianto saat menerima gelar kesultanan di Aula Palagimata, kantor Wali Kota Baubau.

"Pemberian gelar ini merupakan suatu hal yang luar biasa tetapi ada tanggung jawab yang besar untuk menjaga nilai yang telah diberikan oleh para leluhur Kesultanan Buton," tuturnya.

Ia menambahkan, gelar ini bukan hanya sebuah penghargaan, melainkan juga mandat untuk meningkatkan kinerja di Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Presiden Jokowi Diberi Gelar Kesultanan Buton La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bawaangi Yi Nusantara

Penganugerahan gelar diserahkan langsung oleh Sultan Buton ke-40,  La Ode Muhamad Izat Manarfa. Dia menjelaskan, "Mia Ogena" berarti seorang pemimpin yang profesional, pandangan jauh ke depan (visioner), kharismatik, pengayom, jujur, amanah, fathanah, tabligh, beriman, dan bertakwa kepada Allah SWT.

Sementara itu "Bhawaangi Yi Sulawesi Tenggara" bermakna batasan wilayah atau ruang lingkup kerja yang menjadi tanggung jawab dalam mengelola dan memanfaatkan seluruh potensi sumber daya untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Sulawesi Tenggara.

"Pj. Gubernur Sultra memiliki kinerja dan prestasi sebagai pimpinan yang profesional, visioner, jujur, dan amanah dalam mengelola sumber daya untuk kesejahteraan masyarakat di Sultra," ujar La Ode Izat.

La Ode Izat memuji Andap atas dedikasinya yang luar biasa dalam mengelola sumber daya untuk kesejahteraan rakyat Sultra. Ia berharap dengan anugerah ini, wilayah kesultanan, terutama Baubau, akan terus berkembang dan sejahtera.

Baca Juga: Ketua DPD RI Dianugerahi Mia Ogena Yi Saragau Oleh Kesultanan Buton

Di bawah kepemimpinan Andap, kemajuan signifikan telah dicapai Sulawesi Tenggara, termasuk dalam pelestarian budaya Buton.

Panglima Wilayah Timur Kesultanan Buton, Laode Muh Arsal, mengingatkan tentang tanggung jawab yang diemban oleh penerima gelar adat. Menurutnya, seorang pemimpin harus memberikan kontribusi positif khususnya di Kota Baubau setelah dianugerahi gelar tersebut.

"Ketika dia dijadikan sesepuh di Kesultanan Buton, berarti ia mengemban amanah untuk pembangunan di Kota Baubau," tutupnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga