Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Lepas 55 Jemaah Calon Haji Sulawesi Tenggara Kloter 29

Siti Nabila, telisik indonesia
Minggu, 02 Juni 2024
0 dilihat
Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Lepas 55 Jemaah Calon Haji Sulawesi Tenggara Kloter 29
Jemaah calon haji Sulawesi Tenggara kloter 29-UPG di Bandara Halu Oleo Kendari siap diberangkatkan. Foto: Siti Nabila/Telisik

" Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto, melepas 55 jemaah calon haji yang tergabung dalam kloter 29-UPG, Sabtu (2/6/2024) "

KENDARI, TELISIK.ID - Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto, melepas 55 jemaah calon haji yang tergabung dalam kloter 29-UPG, yang diberangkatkan dari Bandara Halu Oleo menuju Bandara Hasanuddin Embarkasi Makassar, Sabtu (2/6/2024).

Ini merupakan pemberangkatan tahap kedua jemaah calon haji setelah pemberangkatan yang tergabung dalam kloter 28-UPG berangkat ke Embarkasi Makassar pada Kamis (30/5/2024).

Hari ini jemaah calon haji yang dilepas berasal dari Kabupaten Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Wakatobi, Buton dan Buton Utara.

Sebelumnya, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto melepas keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH), Pendamping Haji Daerah (PHD) dan petugas kloter sebanyak 2.122 jemaah, di Ballroom KH. Baidawi, Asrama Haji Transit Kendari, Selasa (27/5/2024).

Pj gubernur mengatakan, peristiwa ini merupakan momen yang sangat membanggakan, mengingat daftar tunggu haji nasional yang bervariasi antar provinsi.

Baca Juga: 142 Calon Jemaah Haji Baubau Resmi Dilepas

Untuk diketahui, pada tahun 1445H/2024 ini, jumlah jemaah calon haji yang berangkat dari Sulawesi Tenggara sebanyak 2.122 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 2.082 JCH, 15 orang PHD, dan 25 petugas kloter. Keseluruhan jemaah akan terbagi dalam 5 (lima) kloter yang diberangkatkan mulai tanggal 1 Juni sampai dengan 7 Juni 2024.

Masih di tempat yang sama, Andap mengimbau kepada CJH  untuk mengikuti seluruh arahan yang sudah menjadi Standar Operasional Prosedur (SOP) dari Embarkasi Makassar.

Ia juga menitip pesan agar CJH senantiasa menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup karena ibadah haji identik dengan ibadah fisik.

"Maka kesehatan sangat penting supaya bisa melakukan rangkaian ibadah haji secara paripurna selama mereka berada di Kota Makkah pada saat puncak haji," pesannya

Baca Juga: Pelepasan 22 Calon Jemaah Haji, Pj Bupati Muna Barat Titip Pesan

Pj gubernur berterima kasih atas kekompakan tim PPIH Sultra dan PPIH kabupaten/kota dalam proses penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 khususnya di Sultra.

Salah seorang jemaah haji, Muhammad Syarif (52) mengatakan, sangat bersyukur karena tahun ini diberi rezeki setelah 12 tahun menunggu diberangkatkan haji dan berharap agar ibadahnya lancar.

"Syukur Alhamdulillah saya dapat panggilan dari Allah untuk bertamu ke Tanah Suci, doakan ya semoga lancar," ucapnya sambil tersenyum. (B)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga