Pj Kades Wakumoro Dinonaktifkan, Camat Ambil Alih Pemdes

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 07 September 2020
0 dilihat
Pj Kades Wakumoro Dinonaktifkan, Camat Ambil Alih Pemdes
Bupati Muna, LM Rusman Emba menemui warga Desa Wakumoro. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kalau dibentuk, kami minta dilibatkan untuk mendampingi. "

MUNA, TELISIK.ID - Permasalahan di Desa Wakumoro, Kecamatan Parigi, Kabupaten Muna, membuat warga semakin murka. Pj Kades, La Salama dianggap tidak transparan dalam penggunaan dana desa tahun 2019 dan realisasi tahun 2020.

La Ode Kaslimi, salah seorang warga menerangkan, selama memimpin, Pj Kades tidak menjalankan Pemerintahan Desa (Pemdes) dengan baik. Banyak urusan administrasi Pemdes yang diabaikan sehingga menyebabkan desa tidak kondusif. Karenanya, seluruh warga meminta bupati membentuk tim investigasi untuk menelusuri penggunaan DD tahun 2019-2020 yang diduga disalahgunakan.

"Kalau dibentuk, kami minta dilibatkan untuk mendampingi," kata Kaslimi.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba yang tak ingin ada keributan di desa, langsung mengambil langkah tegas dengan menonaktifkan Pj Kades dan menunjuk Camat Parigi untuk menjalankan Pemdes.  

Baca juga: Pasangan Suami Istri yang Positif COVID-19 Ternyata ASN Pemda Bombana

"Sambil menunggu kerja tim investigasi, Pj Kades kita nonaktifkan," kata Rusman.

Dalam investigasi tim di lapangan, Ia akan melibatkan perwakilan warga. Bila nanti ditemukan ada kejanggalan dan penyalahgunaan dalam pengelolaan DD, Ia tidak segan-segan merekomendasikan ke aparat penegak hukum.  

"Kalau Pj Kades terbukti bersalah, kita akan proses hukum," tegasnya.

Mantan Senator DPD-RI itu berpesan pada warga untuk tetap menjaga kondusifitas daerah. Biarkan tim bekerja yang hasilnya nanti akan disampaikan secara terbuka.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga