Pj Wali Kota Ingin Bernostalgia, TPA Puwatu Jadi Tempat Wisata

Sumarlin, telisik indonesia
Rabu, 01 Maret 2023
0 dilihat
Pj Wali Kota Ingin Bernostalgia, TPA Puwatu Jadi Tempat Wisata
Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu didampingi Pj Ketua TP PKK Siti Chomzah menyerahkan Piala Adipura kepada Sekretaris Daerah Ridwansyah Taridala setibanya di Bandara Hauoleo. Foto: Sumarlin/Telisik

" Kota Kendari masuk dalam 80 kabupaten/kota penerima Adipura dari 514 kabupaten/kota di Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Kendari baru saja menerima piala Adipura ke-11 kalinya, setelah hampir tiga tahun Kota Kendari tidak menerima.

Meskipun Kota Kendari masuk dalam 80 kabupaten/kota penerima Adipura dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, namun belum membuat Pj Wali Kota Kendari puas.

Menurutnya, kerja keras semua pihak sudah menunjukkan hasil, namun masih banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskan, salah satunya pengelolaan TPA Puuwatu.

"Saya ingin bernostalgia empat-lima tahun lalu dimana TPA Puuwatu menjadi tempat percontohan di Indonesia. Di sana orang bisa berwisata," ungkap Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, Rabu (1/3/2023).

Untuk mengembalikan kondisi TPA Puuwatu itu, saat ini Asmawa sedang membentuk Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) TPA Puuwatu agar pengelolaan TPA bisa fokus.

Baca Juga: Kota Kendari Dapat Adipura Pertama Pasca COVID-19

Selain pengelolaan TPA Puuwatu, Pemerintah Kota Kendari lanjut Asmawa, akan kembali melakukan penghijauan dalam Kota Kendari setelah sebelumnya telah menata Kota Kendari dengan menebang sekira 2000 pohon.

"Kita ingin menanam 1 juta pohon tahun ini, termasuk pohon produktif seperti buah-buahan," tambahnya.

Untuk menciptakan kebersihan, Pemerintah Kota Kendari meminta agar semua rumah tangga menyediakan sendiri tempat sampah di rumah masing-masing, kemudian petugas kebersihan kelurahan akan diaktifkan.

Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri ini menambahkan, tugas berat yang harus dilakukan adalah mengedukasi masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, sebab peran masyarakat untuk menciptakan kebersihan sangat besar.

Ini terlihat dari salah satu kriteria penilaian Adipura yakni bagaimana merealisasikan kebijakan yang telah dibuat di masyarakat. Salah satunya dengan kerja bakti rutin yang digelar di lingkungan masyarakat.

Sementara itu, Ketua DPRD Subhan  menyampaikan selamat kepada pemerintah dan seluruh warga Kota Kendari atas penghargaan ini.

Baca Juga: Kendari Optimis Raih Adipura Tahun Ini

Menurutnya, Piala Adipura ini merupakan hasil kerja keras semua pihak di bawah komando Pj Wali Kota Kendari.

“Penghargaan ini merupakan hasil jerih payah seluruh pihak, dalam turut serta menjaga kebersihan dan keindahan kota, ditambah dengan terbentuknya Satgas Penataan Kota, merupakan wujud komitmen Bapak Pj Wali Kota untuk mewujudkan Kendari yang bersih dan nyaman,” ungkap Subhan.

Penerimaan piala Adipura di Kota Kendari dilakukan dalam sebuah upacara di lapangan kantor balaikota, dengan mengundang para petugas kebersihan baik dari Dinas Lingkungan Hidup maupun dari kelurahan. (B)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga