Pj Wali Kota Minta Lurah Data Semua Potensi Lahan Tidur se-Kota Kendari

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 21 Februari 2024
0 dilihat
Pj Wali Kota Minta Lurah Data Semua Potensi Lahan Tidur se-Kota Kendari
Pj Wali Kota saat menghadiri launching panen jagung milik kelompok tani lapas idamam sekaligus memberikan bantuan pada petani. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Mahalnya beberapa kebutuhan pokok di masyarakat seperti tomat, membuat Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup mengadakan terobosan baru dengan memanfaatkan semua lahan tidur yang ada di sekitar Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Mahalnya beberapa kebutuhan pokok di masyarakat seperti tomat, membuat Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup mengadakan terobosan baru dengan memanfaatkan semua lahan tidur yang ada di sekitar Kota Kendari.

Hal ini ia sampaikan saat membuka kegiatan panen jagung di lahan kelompok tani (Koptan) Lapas Idaman Baruga, sekaligus memberi bantuan cadangan pangan berupa beras kepada masyarakat di Kecamatan Baruga, Rabu (21/2/2024).

Pj Wali Kota Kendari dalam sambutannya mengungkapkan, panen jagung ini adalah upaya pemerintah dalam mengendalikan inflasi, melalui pemanfaatan lahan kosong oleh masyarakat untuk ditanami komoditas yang jangka waktu panennya pendek dan menjadi kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Nyaris Tumbang, Ini Perolehan Suara Kery Saiful Konggoasa Se-Keluarga

"Sebagaimana kita ketahui, bahwa apa yang kita lakukan hari ini merupakan langkah konkrit yang dilakukan oleh pemkot dalam menangani inflasi, sebagaimana anjuran bapak presiden," bebernya.

Ia juga mengharapkan seluruh masyarakat Kota Kendari, khusus di Kecamatan Baruga agar memanfaatkan seluruh lahan kosong.

Ia juga telah meminta pada masing-masing lurah untuk memberikan laporan periodik terkait jumlah lahan kosong di Kota Kendari.

"Ini kalau tidak dilakukan hati-hati ya, pak camat dan lurah. Ini untuk kepentingan masyarakat kita, kalian sebagai kepala wilayah harus memperhatikan itu. Bantu masyarakat, saya ingatkan sekali lagi. Saya minta laporannya, Senin apel bawa laporannya ke saya," tegasnya di sela-sela kunjungan.

Sementara itu, salah seorang penyuluh, Yanis mengungkapkan, kelompok tani yang dilakukan pemanenan jagung hari ini adalah kelompok tani lapas idaman.

Kelompok ini merupakan warga binaan Kemenkumham Sulawesi Tenggara, khususnya Lapas kelas II A Kendari.

Lahan yang digunakan adalah lahan pinjaman yang dimanfaatkam oleh kelompok tani lapas idaman, ia menyebut pemilihan komoditi jagung sendiri karena memiliki proses yang lebih mudah juga tidak memerlukan waktu yang lama, mulai dari penanaman hingga masa panen.

Baca Juga: Imbas Harga Beras Tinggi ke Tukang Bubur dan Warteg di Kendari

"Trus pemeliharaannya juga tidak terlalu repot, untuk jagung ungu yang ditanam hari ini 63 hari sudah bisa di panen," bebernya.

Sementara itu, Lurah Baruga, Burhanudin Daming berharap seluruh lahan tidur yang ada di wilayah Baruga dan sekitarnya diolah dan ditanami beragama komoditas pertanian.

"Kami juga sudah mendata lahan tidur yang ada di Baruga, dan ada beberapa lahan tidur yang sudah kami manfaatkan, salah satunya di wilayah bundaran Adi Bahasa, tanaman cabai dan tomatnya," tutupnya. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga