Pj Wali Kota Tegaskan Guru Tak Terlibat Politik Praktis

Sumarlin, telisik indonesia
Jumat, 25 November 2022
0 dilihat
Pj Wali Kota Tegaskan Guru Tak Terlibat Politik Praktis
Para guru diminta tidak terlibat dalam politik praktis, apalagi saat ini memasuki tahapan Pemilu 2024. Foto: Sumarlin/Telisik

" Para guru memiliki potensi untuk digiring menuju politik praktis pada pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah, sehingga Pj wali kota meminta para guru tidak terlibat "

KENDARI, TELISIK.ID - Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, meminta Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sebagai organisasi profesi, memegang teguh semangat organisasi yang mandiri, unitaristik dan non partisan.

Menurutnya, guru sebagai tenaga pendidik yang tergabung dalam PGRI adalah kekuatan besar dan sangat rentan untuk dimanfaatkan atau dipolitisasi dalam proses pelaksanaan demokrasi.

"Oleh karena itu kita semua sama-sama ASN yang telah memilih profesi sebagai aparatur sipil negara sebagai tenaga pendidik, maka non partisan atau netral itu sesuatu yang sifatnya harga mati,"  tegasnya saat pelaksanaan upacara peringatan Hari Guru dan HUT ke-77 PGRI tingkat Kota Kendari di lapangan upacara kantor Balai Kota Kendari, Jumat (25/11/2022).

Kata dia, para guru memiliki potensi untuk digiring menuju politik praktis pada pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah, sehingga dia meminta para guru tidak terlibat. Namun jika masih ada guru atau ASN yang terlibat dan memiliki bukti, akan diberikan sanksi.

Asmawa Tosepu mengatakan, proses belajar mengajar tatap muka yang sudah dilakukan saat ini tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan pendidik dan para peserta didik. Kemudian ketertinggalan capaian pembelajaran selama ini bisa diperbaiki sehingga bisa meningkatkan semangat dan kompetensi para siswa.

Baca Juga: Personel Polda Sulawesi Tenggara Bantu Korban Gempa Cianjur

Hal lain yang disampaikan Pj Wali Kota Kendari yakni seleksi penerimaan guru kontrak maupun guru honorer melalui jalur P3K yang sudah dua tahun terakhir dilakukan.

Dia berharap penerimaan P3K ini bisa membantu menutupi kekurangan guru di Kota Kendari yang saat ini masih terjadi akibat banyaknya guru yang pensiun.

Baca Juga: Ini Cara Cek Nama Penerima BLT BBM Tahap Dua

Dukungan agar guru tetap bersikap netral datang dari Ketua PGRI Kota Kendari, Makmur. Dia meminta para guru tidak menjadi bagian dari tim pemenangan seorang calon anggota legislatif atau kepala daerah.

"Memang itu pernyataan yang tegas sekali tadi, dan kami PGRI Kota Kendari mendukung pernyataan pak wali tadi," ucapnya.

Asisten III Kota Kendari ini menambahkan, akan terus mengimbau dan mengingatkan agar seluruh anggota PGRI tetap netral serta tidak terlibat dalam politik praktis. (C)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga