PKB Kolaka Utara Dorong Kader Maju jadi Balon Kepala Daerah

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 01 Mei 2024
0 dilihat
PKB Kolaka Utara Dorong Kader Maju jadi Balon Kepala Daerah
Ketua DPC PKB Kolaka Utara, H. Abbas (tengah) dan Ketua Dewan Syuro DPC PKB, Misbahuddin bersama panitia penjaringan bakal calon kepala daerah di sekretariat PKB. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) siapkan dua kader internal untuk maju sebagai bakal calon kepala daerah (Bacakada) pada Pilkada 2024 "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) siapkan dua kader internal untuk maju sebagai bakal calon kepala daerah (Bacakada) pada Pilkada 2024.

Kedua figur tersebut, yaitu Ketua DPC PKB Kolaka Utara yang juga mantan Wakil Bupati Kolaka Utara periode 2017-2022, H. Abbas dan Wakil Ketua I DPRD Kolaka Utara, Hj. Ulfa Haeruddin yang juga kader DPC PKB Kolaka Utara.

Menurut H. Abbas, keputusan untuk mendorong kader-kader potensial PKB ikut ambil bagian pada kontestasi Pilkada kali ini merupakan ketetapan rapat internal partai.

Bukan hanya dua, siapapun kader internal partai yang merasa mampu dan berkeinginan maju sebagai kepala daerah diberi ruang untuk mensosialisasikan diri serta ikut penjaringan.

Baca Juga: Lukman Abunawas Bocorkan Parpol Koalisi Maju di Pilgub Sulawesi Tenggara

Bahkan tambah dia, pihaknya siap mendorong kader internal PKB maju sebagai bupati Kolaka Utara jikalau hasil survei elektabilitas dan popularitas lebih tinggi dibanding kader lainnya.

"Nanti kita lihat hasil survei, kalau hasil survei ternyata elektabilitas dan popularitas kader lain tinggi serta pariabel lainnya sangat mendukung, kenapa bukan dia. Saya selaku Ketua DPC tidak terlalu ego dengan masalah ini," terangnya, Rabu (1/5/2024).

Bendahara DPC PKB Kolaka Utara, Fidal menuturkan, saat ini Hj. Ulfa Haeruddin atau yang akrab disapa Bu Aji telah mengambil formulir pendaftaran sebagai balon bupati di pantai Golkar, NasDem, PBB, dan PKB.

"Bu Aji sudah mengembalikan formulir di partai Golkar, NasDem, dan PKB. Sementara, pak Aji (H.Abbas. Red) hanya mengambil formulir di PBB dan PKB," ujar Fidal.

Sementara itu, Ketua Dewan Syuro DPC PKB Kolaka Utara, Misbahuddin membeberkan sejumlah alasan DPC PKB memilih mengusung kader internal sebagai balon bupati ketimbang wakil seperti periode lalu.

"Pertama, PKB memenuhi syarat untuk mengusung satu calon dengan komposisi perolehan kursi parlemen hasil pemilu 2024. Tentu dengan posisi kepala daerah kedepan kita mampu mempengaruhi kebijakan-kebijakan pemerintah," urainya.

Kata Misbahuddin, selama ini ada kecenderungan pemerintah daerah dalam menyusun program awalnya sangat bagus. Namun, ketika program berjalan hilang kesungguhan, kecerdasan terbangun ketika berfikir kepentingan kelompok atau tim sendiri dan menghilang jikalau untuk kepentingan rakyat.

Baca Juga: Hanura Muna Beri Kesempatan Empat Balon Bupati Lengkapi Berkas hingga 7 Mei

"Bisa kita ketahui untuk program revitalisasi kakao kemarin konsep awalnya bagus bahkan masuk konsep swadaya, tapi ketika program ini berjalan kecerdasan untuk memperjuangkan kepentingan kepentingan kelompok masuk," katanya.

"Karena itu, kita berupaya agar figur-figur internal PKB maju sebagai kosong satu (Bupati.red). Kita punya kader potensial, ada alur politik yang kita bawa, ada ideologi politik yang kita bangun," tambahnya.

Meski demikian, DPC PKB Kolaka Utara tidak menutup ruang bagi figur eksternal partai yang ingin menggaet PKB sebagai kendaraan politik untuk maju sebagai Bupati Kolaka Utara.

"Tentu dengan catatan figur mereka wajib mengikuti alur politik yang kita bangun, figur tidak hanya cerdas untuk diri sendiri, namun cerdas juga ke bawah (kepentingan masyarakat. red)," pungkasnya. (A)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga