PLN Beri Promo Tambah Daya Listrik Selama Ramadan, Ini Syaratnya

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 18 April 2021
0 dilihat
PLN Beri Promo Tambah Daya Listrik Selama Ramadan, Ini Syaratnya
Promo PLN di bulan Ramadan. Foto: Humas PLN

" Kedua paket program layanan PLN selama bulan Ramadan tersebut berlaku bagi konsumen yang mendaftar dan melakukan pembayaran sejak 5 April hingga 31 Mei 2021. "

KENDARI, TELISIK.ID - PT PLN (Persero) memberikan promo tambah daya listrik selama bulan Ramadan melalui program layanan Ramadan Berkah dan Ramadan Peduli.

Dikutip dari situs resmi layanan.pln.co.id, layanan Ramadan Peduli merupakan layanan berupa keringanan biaya penyambungan untuk tambah daya (TD) melalui mekanisme penerbitan voucher elektronik atau e-Voucher bagi konsumen yang membeli produk layanan Renewable Energy Certificate (REC).

Sedangkan, program Ramadan Berkah merupakan Iayanan berupa keringanan biaya penyambungan untuk tambah daya bagi konsumen tegangan rendah 1 phasa golongan tarif sosial. Namun keringanan ini khusus diperuntukan bagi rumah ibadah yang ingin menambah daya.

Kedua paket program layanan PLN selama bulan Ramadan tersebut berlaku bagi konsumen yang mendaftar dan melakukan pembayaran sejak 5 April hingga 31 Mei 2021. Kriteria konsumen yang dapat memanfaatkan layanan Ramadan Peduli ini sama seperti paket Ramadan Berkah antara lain sudah menjadi konsumen PLN sebelum 1 Maret 2021.

Kriteria berikutnya yaitu tanpa perubahan fasa dari satu fasa ke tiga fasa atau sebaliknya, tanpa migrasi layanan dari prabayar ke pascabayar, tanpa mengubah golongan tarif peruntukannya, dapat diberlakukan untuk konsumen tarif layanan reguler yang menambah daya sekaligus beralih ke tarif layanan premium/B2B, tetapi tidak berlaku sebaliknya.

Kriteria terakhir yakni wajib melunasi seluruh kewajiban tagihan listrik, kecuali kewajiban terkait kebijakan capping tagihan listrik atau konsumen TNI/Polri (kode golongan 1) tetap dapat mengikuti produk layanan ini walaupun masih memiliki tagihan listrik dengan mendaftar melalui Kantor Pelayanan PLN.

Baca juga: Anggota DPR Dapil Sumsel Sesalkan Penganiayaan Perawat di RS Siloam Palembang

Berikut syarat dan ketentuan untuk paket layanan Ramadan Peduli:

1. Keringanan biaya penyambungan tambah daya ini diberikan bagi konsumen tegangan rendah satu phasa golongan tarif rumah tangga 2.200 volt ampere (VA) hingga 11.000 VA, dengan hanya membayar sebesar Rp 202.100.

2. Produk layanan REC merupakan tiga unit REC atau setara dengan 3 MWh yang dibeli khusus melalui portal layanan PLN dengan kategori pembelian Ramadan Peduli sebesar Rp 115.500 per produk. Itu sudah termasuk pajak PPN 10 persen.

3. Biaya tambah daya yang dibayarkan pada produk Ramadan Peduli hanya diberikan kepada konsumen yang membayar secara tunai atau tanpa cicilan pembayaran.

4. Voucher elektronik keringanan biaya penyambungan dapat di-redeem untuk satu ID pelanggan saja dan berlaku untuk satu kali pendaftaran atau permohonan produk layanan Ramadan Peduli dan tidak berlaku kelipatan.

5. Voucher elektronik yang gagal di-redeem dapat digunakan kembali untuk pendaftaran atau permohonan dalam paket layanan Ramadan Peduli pada ID pelanggan permohonan sebelumnya.

6. Masa aktif e-Voucher keringanan biaya penyambungan untuk tambah daya berlaku sampai dengan berakhirnya program Ramadan Peduli.

7. Pengiriman e-Voucher keringanan biaya penyambungan untuk tambah daya akan dikirim melalui email atau pesan teks konsumen yang terdaftar setelah berhasil melakukan pembelian REC.

8. Keringanan biaya penyambungan tambah daya ini dalam program Ramadan Peduli tidak dapat digabungkan dengan produk layanan keringanan biaya lainnya.

9. Konsumen yang mengikuti paket layanan Ramadan Peduli baru dapat mengajukan permohonan layanan turun daya, minimal satu tahun sejak realisasi tambah daya.

Baca juga: Update: 8 Daerah di Indonesia Nihil Kasus COVID-19

Sementara syarat dan ketentuan layanan Ramadan Berkah sebagai berikut:

1. Konsumen tegangan rendah 1 phasa golongan tarif sosial khusus rumah ibadah dengan daya mulai 2.200 VA-11.000 VA, dengan hanya membayar sebesar Rp 150.000.

2. Biaya tambah daya yang dibayarkan pada produk layanan Ramadan Berkah hanya diberikan kepada konsumen yang membayar secara tunai atau tanpa cicilan pembayaran.

3. Keringanan biaya tambah daya dalam program layanan Ramadan Berkah tidak dapat digabungkan dengan produk layanan keringanan biaya tambah daya lainnya.

4. Konsumen hanya dapat menikmati layanan ini hanya satu kali selama periode masa berlaku.

5. Kode promo yang gagal ter-redeem dapat digunakan kembali saat mendaftarkan produk layanan Ramadan Berkah pada ID pelanggan permohonan sebelumnya.

Untuk mekanisme pelaksanaan layanan Ramadan Berkah adalah sebagai berikut:

1. Konsumen dapat mengajukan permohonan produk layanan Ramadan Berkah melalui PLN Mobile.

2. Pada saat permohonan, konsumen akan diminta untuk menginputkan kode promo PLN Berkah.

3. Selanjutnya, jika berhasil memasukkan kode promo keringanan biaya penyambungan untuk tambah daya pada produk layanan Ramadan Berkah dapat melanjutkan ke proses pembayaran melalui fasilitas perbankan atau PPOB yang tersedia.

4. Setelah pembayaran terkonfirmasi berhasil, selanjutnya petugas PLN akan segera menindaklanjuti. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga