PLN UIP Nusra Ungkap Kontribusi CSR untuk Warga Sekitar Ulumbu Manggara

Berto Davids, telisik indonesia
Selasa, 18 April 2023
0 dilihat
PLN UIP Nusra Ungkap Kontribusi CSR untuk Warga Sekitar Ulumbu Manggara
PLN UIP Nusra telah berkontribusi besar memberikan CSR untuk warga sekitar Ulumbu di Manggarai. Foto: Ist.

" Melalui Corporate Social Responsibility (CSR), PLN UIP Nusra berkomitmen menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Perusahan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Pembangunan (UIP) Nusa Tenggara (Nusra) terus bertekad menyelaraskan pengembangan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan dalam penyediaan listrik bagi masyarakat.

Untuk itu, PLN UIP Nusra mengembangkan Program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud nyata tanggung jawab sosial perusahaan.

General Manager PLN UIP Nusra, Achmad Nahwan mengatakan, melalui Corporate Social Responsibility (CSR) ini PLN telah berkomitmen menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, mengupayakan tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi dan menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.

Setiap program TJSL PLN, kata Achmad, diharapkan akan menciptakan Creating Share Value (CSV) yang memberi manfaat atau nilai tambah kepada perusahan, masyarakat dan juga lingkungan.

"Tujuannya untuk memberikan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang," kata Achmad, Selasa (18/4/2023).

Baca Juga: PLN Nusa Tenggara Timur Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Perbatasan Timor Leste

Terkait pemberian CSR, pihaknya telah membantu masyarakat di sekitar Ulumbu, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai sejak tahun 2022.

Ia merinci, pemberian bantuan CSR tahun 2022 itu berupa atap seng 200 lembar untuk warga Desa Wewo dan Lungar di Kecamatan Satarmese. Selain itu, bantuan penataan lapangan bola dan peralatan pendukung untuk lingkungan SMP 20 Satarmese, tepatnya di Lungar.

Selanjutnya, bantuan perbaikan SDN Damu dan pemberian sarana prasarana pengajaran pendukung, seperti laptop, buku dan printer. Kemudian bantuan printer untuk Kecamatan Satarmese.

Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan bantuan pelatihan sablon dan peralatan lengkap serta biaya naik daya untuk kelompok di Desa Wewo dan Lungar. Lalu bantuan pelatihan jurnalistik pemuda dan peralatan pendukung kamera profesional.

Sementara itu YBM PLN UIP Nusra, Wahyudi mengatakan, yang tidak kalah penting selain pemberian CSR pihaknya juga melakukan berbagai strategi keberlanjutan di bidang lingkungan dan sosial masyarakat melalui berbagai program keberlanjutan yang sesuai dengan kebutuhan tantangan zaman.

Baca Juga: DPRD Desak PLN Akhiri Pemadaman Listrik di Muna Barat Tanpa Syarat

"Hal ini merupakan tanggung jawab kami untuk dapat meminimalisir dampak dari kegiatan operasional dan meningkatkan kualitas lingkungan di wilayah operasional serta memberikan kontribusi positif bagi kemajuan daerah maupun masyarakat di wilayah operasional kami," kata Wahyudi.

Begitu banyak tantangan yang dihadapi. Maka dari itu, pihaknya memaknai tantangan sebagai cara perusahaan untuk terus meningkatkan keberlanjutan di segala aspek.

"Melalui strategi  keberlanjutan yang dijalankan PLN diharapkan dapat menghadirkan tenaga listrik bagi seluruh masyarakat Indonesia yang akan memberikan dampak keberlanjutan bagi seluruh pemangku maupun bagi generasi yang  akan datang," bebernya. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga