Pohon Murbei di Montenegro Mengeluarkan Air Tanpa Henti, Bisa Jadi Ide Traveling

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 20 Februari 2024
0 dilihat
Pohon Murbei di Montenegro Mengeluarkan Air Tanpa Henti, Bisa Jadi Ide Traveling
Fenomena unik ini dinamakan air terjun pohon Montenegro. Banyak wisatawan yang datang ke Montenegro hanya untuk melihat pemandangan pohon murbei yang mengeluarkan air. Foto: Merdeka.com

" Salah satu pemandangan unik di dunia adalah pohon murbei yang berusia 100 tahun bisa mengeluarkan air. Fenomena aneh ini terjadi di sebuah desa Dinosa yang berada di pesisir Laut Adriatic, Montenegro "

MONTENEGRO, TELISIK.ID - Salah satu pemandangan unik di dunia adalah pohon murbei yang berusia 100 tahun bisa mengeluarkan air. Fenomena aneh ini terjadi di sebuah desa Dinosa yang berada di pesisir Laut Adriatic, Montenegro.

Murbei memiliki nama ilmiah Morus alba, pohon murbei termasuk dalam kelompok berry. Biasanya tumbuhan murbei dimanfaatkan untuk pakan budidaya ulat sutra (Bombyx mori).

Bersumber dari Grid.id, berdasarkan IUCN Red List of Threatened Species, pohon murbei digolongkan ke dalam tanaman dengan status Least Concern atau LC, artinya bahwa keberadaan pohon murbei di alam masih dalam status stabil serta banyak ditanam secara mandiri masyarakat.

Baca Juga: Unik, Kuda Laut Jantan Ternyata Bisa Lahiran

Pohon murbei adalah salah satu jenis tanaman berkayu yang secara alami tumbuh dalam hutan. Diketahui bahwa tanaman murbei yang tidak dipangkas akan tumbuh membesar seperti tanaman berkayu umumnya.

Dilansir dari Merdeka.com, usut punya usut, fenomena air terjun pohon di Montenegro tersebut terjadi detiap hujan lebat turun, air membanjiri sumber air bawah tanah dan menghasilkan tekanan ekstra, sehingga air naik hingga ke batang pohon murbei yang kebetulan berongga dan keluar lagi lewat salah satu lubang.

Namun penduduk setempat sendiri justru tidak menganggapnya istimewa. Menurut salah satu warga, fenomena tersebut sudah terjadi lebih dari dua dekade.

Baca Juga: Deretan Hewan dengan Mata Paling Unik di Dunia

Fenomena unik ini dinamakan air terjun pohon Montenegro. Banyak wisatawan yang datang ke Montenegro hanya untuk melihat pemandangan pohon murbei yang mengeluarkan air.

Sebagai tambahan informasi, di bawah ini merupakan manfaat daun murbei bagi kesehatan, antara lain:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

2. Menurunkan gula darah dan insulin

3. Mengurangi peradangan atau inflamasi

4. Menjaga kesehatan kulit

5. Menjaga kesehatan rongga mulut. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga