adplus-dvertising

Pola Makan Sehat Ala Cristiano Ronaldo, Tetap Bugar di Usia Senja

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 23 September 2022
266 dilihat
Pola Makan Sehat Ala Cristiano Ronaldo, Tetap Bugar di Usia Senja
Cristiano Ronaldo tidak hanya disiplin di lapangan, tapi juga pola makan yang sehat selalu dijaga. Foto: Repro hello.id

" Bagi Ronaldo, pola makan yang sehat dan seimbang merupakan kunci penting dari kesehatan dan staminanya "

JAKARTA, TELISIK.ID - Siapa yang tidak kenal dengan Cristiano Ronaldo? Mega bintang sepakbola dunia yang masih eksis meski telah berusia 36 tahun.

Di usianya yang sudah tidak muda lagi, CR7 - julukan Cristiano Ronaldo, tetap bugar dan fit ketika di lapangan. Bahkan namanya masih disebut-sebut sebagai pemain terbaik dunia.

Hal ini tidak terjadi begitu saja, tapi melalui proses yang cukup panjang, salah satunya dengan menerapkan pola makan sehat.


Dikutip dari umpo.ac.id, pola makan sehat merupakan makanan seimbang dengan beraneka ragam zat gizi dalam takaran yang cukup dan tidak berlebihanĀ (Harahap VY, 2012).

Pola makan yang sehat bisa dilihat dari 3 yaitu jenis, jumlah, dan jadwal. Begitu juga yang dilakukan Cristiano Ronaldo.

Dilansir detik.com dari Goal, berikut lima pola makan sehat Cristiano Ronaldo:

1. Pola Makan Tinggi Protein

Bagi Ronaldo, pola makan yang sehat dan seimbang merupakan kunci penting dari kesehatan dan staminanya.

Sebagai salah satu pemain bola dengan bayaran termahal di dunia, tentunya Ronaldo perlu menjaga kesehatannya dengan serius.

Baca Juga: 4 Tips Tak Mudah Menangis di Tempat Umum

"Selain sesi olahraga yang bagus, semuanya harus diseimbangkan dengan dengan diet dan pola makan yang sehat," ungkap Ronaldo dalam satu sesi wawancara.

"Saya biasanya menyantap makanan tinggi protein, dengan tambahan karbo dari gandum utuh. Kemudian tambahan buah-buahan serta sayuran. Saya selalu menghindari makanan yang manis," tutur pria kelahiran Portugal tersebut.

2. Gemar Makan Ikan

Ronaldo rupanya penggemar berat hidangan ikan. Dari segala jenis ikan, ia paling suka ikan todak atau ikan laut yang disebut sebagai swordfish. Selain itu Ronaldo juga doyan makan ikan sea bass atau ikan kakap laut.

Tak hanya dua jenis ikan laut ini, ada juga ikan seabream atau ikan padi-padi yang terkenal kaya protein. Salah satu hidangan ikan kesukaan Ronaldo adalah bacalhau, campuran dari ikan cod yang ditumis dengan bawang bombay, irisan kentang dan orak-arik telur.

Di sela-sela kegemarannya makan ikan, Ronaldo tetap menyeimbangkan pola makan sehatnya dengan rutin mengonsumsi aneka buah-buahan atau makanan tinggi protein tanpa lemak.

3. Tetap Jaga Makan Meski di Restoran

Ada alasan tersendiri mengapa Ronaldo tetap makan banyak meski menjaga pola tubuhnya. Menurut salah satu ahli diet dan ahli gizinya, yang sudah bekerja untuknya sejak Ronaldo masih di Real Madrid, pesepakbola ini selalu makan enam kali sehari.

Jumlah ini mungkin terlihat banyak tapi Ronaldo selalu membiasakan dirinya makan enam kali sehari, dengan porsi makanan yang lebih kecil dan minimalis. Atau ia sengaja menyantap seporsi makanan setiap 3-4 jam sekali.

Jika sedang berada di restoran, Ronaldo tetap jaga pola makan. Ia selalu memesan steak dengan tambahan salad. Tapi dia paling anti menyantap hidangan dari frozen food sebab dirinya selalu mengutamakan hidangan yang segar.

4. Menu Sarapan Juara

Menu sarapan Ronaldo cukup unik dan menggoda selera. Ia biasa menyantap keju, daging ham, yogurt dengan kandungan low-fat, lengkap dengan buah-buahan. Tak ketinggalan roti bakar alpukat yang enak.

Baca Juga: Catat, Ini 10 Tips Belanja Online agar Tak Tertipu

"Saya makan normal. Jika olahraga rutin, butuh energi untuk mengisi tubuh agar penampilan saya lebih baik. Terkadang saya makan 6 kali sehari, untuk memastikan bahwa saya memiliki energi yang cukup dalam setiap sesi olahraga atau latihan," sambungnya.

5. Rajin Minum Air Putih

Untuk tetap menjaga penampilan dan staminanya di lapangan atau saat berolahraga, Ronaldo tak pernah absen minum air putih. Baginya air putih adalah bagian paling penting dalam pola diet sehatnya sehari-hari.

"Minum banyak air putih itu sangat penting," saran Ronaldo. Agar tidak cepat dehidrasi, ia selalu meminum banyak air putih dan tidak melanggar pantangan yang dibuatnya sendiri.

Ia berusaha menghindari minuman beralkohol dan minuman bersoda sebisa mungkin, meski faktanya dia sangat menyukai dua minuman itu.

Bahkan di Piala Eropa 2020, Ronaldo sempat membuat saham Coca-Cola turun setelah menyarankan orang untuk minum air putih dibandingkan minuman bersoda.

Nah, itulah beberapa tips pola makan sehat yang diterapkan oleh mega bintang sepakbola dunia, Cristiano Ronaldo. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga