Polda Metro Jaya Kerahkan 1019 Personel Amankan Piala Dunia U-17 di JIS, Penonton Disediakan Bus Gratis

Mustaqim, telisik indonesia
Sabtu, 11 November 2023
0 dilihat
Polda Metro Jaya Kerahkan 1019 Personel Amankan Piala Dunia U-17 di JIS, Penonton Disediakan Bus Gratis
Bus Transjakarta disiagakan di halte seberang JIS untuk mengangkut penonton secara gratis dari areal parkir kendaraan di JIEXPO Kemayoran. Foto: Mustaqim/Telisik

" Jakarta Indonesia Stadium (JIS) mulai digunakan dalam partai pembuka Grup C Piala Dunia U-17 2023 antara Inggris versus Kaledonia Baru pada Sabtu (11/11/2023) sore. Polda Metro Jaya mengerahkan 1.019 personel untuk mengamankan pertandingan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Jakarta Indonesia Stadium (JIS) mulai digunakan dalam partai pembuka Grup C Piala Dunia U-17 2023 antara Inggris versus Kaledonia Baru pada Sabtu (11/11/2023) sore. Polda Metro Jaya mengerahkan 1.019 personel untuk mengamankan pertandingan.

Seluruh personel yang bertugas di JIS dilarang menggunakan senjata api selama mengamankan pertandingan Piala Dunia U-17. Mereka pun diminta untuk menjalankan tugasnya dengan cara humanis.

Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Kombes Pol Marsudianto mengatakan, ribuan personel yang dikerahkan ini bertugas mengamankan area di Zona 3.

“Berdasarkan aturan FIFA, kami melaksanakan pengamanan di Zona 3, yaitu luar Stadion JIS,” jelas Marsudianto, Sabtu (11/11/2023).

Baca Juga: Surya Paloh Sebut Negara Dimanfaatkan Kaum Terpelajar, Gibran Tegaskan Tak Ada Perubahan Kebijakan

Marsudianto menegaskan, pihaknya melaksanakan pengamanan berskala internasional dan meminta personelnya bertugas dengan penuh tanggung jawab.

Bagi penonton yang akan menyaksikan pertandingan di JIS, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyediakan dua kantong parkir untuk kendaraan. Lokasi parkir kendaraan pribadi penonton terletak di area Parkir C3 Kemayoran dan JIEXPO Kemayoran.

“Dari dua lokasi parkir ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyediakan layanan shuttle bus yang beroperasional mulai pukul 12:00 WIB sampai 23:00 WIB,” jelas Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, melalui pesan singkat.

Syafrin mengingatkan, JIS tidak menyediakan fasilitas parkir kendaraan untuk penonton Piala Dunia U-17 2023 demi mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas di sekitar stadion. Selain itu, Dishub DKI membatasi kendaraan yang dapat melintas di tiga persimpangan dekat JIS.

Tiga persimpangan itu yakni simpang perlintasan sebidang Kereta Api Jalan Sunter Permai Raya-Jalan RE Martadinata, Simpang Jalan Sunter Permai Raya-Jalan Bisma Raya, dan simpang Jalan Danau Sunter Barat-Jalan Danau Sunter Utara.

Hanya kendaraan pemain, angkutan panitia, angkutan umum, penghuni, dan tamu undangan VIP/VVIP yang diizinkan melintas ke area JIS.

“Diimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan,” imbau Syafrin.

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyediakan layanan khusus untuk mengangkut penonton di JIS. Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transjakarta, Wibowo menyebut, terdapat 11 rute bus Transjakarta dan mikrotrans yang bisa digunakan penonton untuk menuju JIS.

“Untuk layanan reguler ada 196 unit armada Transjakarta baik itu single bus, medium bus, hingga mikrotrans,” jelas Wibowo dalam keterangan resminya.

Bagi penonton yang hendak ke JIS menggunakan bus transjakarta dapat berangkat dari Halte Senen Koridor 14, Halte Juanda Koridor 14A, dan Halte Tanjung Priok serta Stasiun LRT Pegangsaan Dua Koridor 12P.

Sementara untuk mikrotrans, jelas Wibowo, penonton bisa menaiki angkutan nomor JAK88 tujuan Ancol Barat, JAK89 tujuan Taman Kota Intan, JAK90 tujuan Rusun Kemayoran, JAK118 tujuan Kota Tua, dan JAK120 tujuan JIS.

“Seluruh layanan Transjakarta akan memeriahkan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Jakarta International Stadium,” kata Wibowo.

Baca Juga: ICW Sebut Ketua KPK Firli Bahuri Pengecut, Polda Metro Jaya Kumpul Keterangan Ahli

PT Transjakarta menyediakan shuttle bus untuk mengantar penonton dari area Parkir JIEXPO dan C3 Kemayoran. “Ada 36 unit bus dengan tarif Rp 0,” ujarnya.

Selain Inggris versus Kaledonia Baru, partai lain di Grup C yang dimainkan pada Sabtu (11/11/2023) adalah Brasil yang ditantang Iran. Dalam partai pembuka Inggris berpesta gol 10-0 atas Kaledonia Baru.  

Empat negara lain yang tergabung di Grup E juga akan memainkan pertandingannya di JIS. Empat negara itu yakni Prancis, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Burkina Faso. Laga perdana di Grup E akan mempertemukan Prancis dengan Burkina Faso pada Minggu (12/11/2023) sore pukul 16:00 WIB. Kemudian dilanjutkan duel Korea Selatan dengan Amerika Serikat pada hari yang sama.

Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 mulai 10 November hingga 2 Desember 2023. Pertandingan diselenggarakan di empat kota masing-masing di Jakarta menggunakan JIS, Bandung (Stadion Si Jalak Harupat), Solo (Stadion Manahan), dan Surabaya (Stadion Gelora Bung Tomo). (A)

Penulis: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga