adplus-dvertising

Polisi Dalami Aliran Anggaran Dana Desa dan CSR di Kabaena

Hir Abrianto, telisik indonesia
Selasa, 25 Mei 2021
3144 dilihat
Polisi Dalami Aliran Anggaran Dana Desa dan CSR di Kabaena
Kasat Reskrim, AKP Asrun, S. Si bersama Kapolres Bombana, AKBP Dandi Ario Yustiawan saat konferensi pers. Foto: Hir/Telisik

" Kami tangani penyelenggaraan dana desa dan CSR di Desa Lengora, tapi masih berikan kesempatan inspektorat untuk menghitung berapa kerugian negara "

BOMBANA, TELISIK.ID - Satuan Reskrim Polres Bombana tengah berupaya lalukan pengungkapan dugaan penyelewangan anggaran dana desa, serta Community Development (Comdev) atau Corporate Social Responsibilty (CSR).

Kepala Satuan Reskrim Polres Bombana, AKP Asrun, S.Si membenarkan bahwa pihaknya tengah menangani dugaan penyelewengan anggaran negara yang mengalir di salah satu desa di Kecamatan Kabaena Tengah.

Selain dana desa, aliran dana comdev atau CSR dari beberapa pertambangan juga menjadi target pendalaman.


Baca Juga: Geger, Warga Gowa Temukan Orok Bayi Terbungkus Seragam Sekolah

Saat ini, penyidik masih memberi kesempatan bagi pemerintah daerah, inspektorat untuk melakukan audit terkait penggunaan dana desa dan anggaran lain yang mengalir di Desa Lengora sejak tahun 2018 dan 2019.

"Kami tangani penyelenggaraan dana desa dan CSR di Desa Lengora, tapi masih berikan kesempatan inspektorat untuk menghitung berapa kerugian negara," kata AKP Asrun melalui Bripka Kholid Hadi, S.Sos, salah satu penyidiknya saat ditemui.

Sementara itu, Inspektur Inspektorat Kabupaten Bombana, Kalvarios membenarkan hal tersebut. Saat ini, pihaknya membentuk tim untuk ditugaskan mengaudit anggaran dana desa dan dana lainnya yang mengalir di Desa Lengora, Kecamatan Kabaena Tengah.

Baca Juga: Tak Direstui Pacaran, Pria di Butur Nekat Sebar Video Mesum Bersama Mantan Kekasih di Medsos

"Kami telah bentuk tim untuk mengungkap apakah perkaranya benar atau tidak. Tim saat ini lagi di Kabaena jalankan apa yang ditugaskan," ucap Kalvarios kepada Telisik.id, Selasa (25/5/2021).

Mantan Plt Kadis Dinas Kominfo Bombana ini menerangkan, tim akan mendalami penggunaan anggaran dana desa sebelum tahun 2020 serta dana lainnya, yang mengalir di desa seperti dana Comdev.

"Nanti tim yang sampaikan hasilnya apalagi soal anggaran. Jadi hanya itu yang bisa kami sampaikan saat ini terkait aduan penyalahgunaan dana desa tersebut," tutupnya. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga