Polres Kolaka Utara Bakal Sanksi Berat Anggota Tak Netral pada Pilkades

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 27 Februari 2023
0 dilihat
Polres Kolaka Utara Bakal Sanksi Berat Anggota Tak Netral pada Pilkades
Kapolres Kolaka Utara, AKBP Moh Yosa Hadi (kanan) saat sertijab di pelataran Mako Polres Kolaka Utara. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Kapolres Kabupaten Kolaka Utara, AKBP Moh Yosa Hadi, bakal memberikan sanksi berat kepada anggotanya yang terbukti berpihak atau tidak netral pada pilkades yang digelar serentak di 67 desa, pada 30 April 2023 mendatang "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Kapolres Kabupaten Kolaka Utara, AKBP Moh Yosa Hadi, bakal memberikan sanksi berat kepada anggotanya yang terbukti berpihak atau tidak netral pada pilkades yang digelar serentak di 67 desa, pada 30 April 2023 mendatang.

Kepala Bagian Operasi (Kabag OPS) Polres Kolaka Utara, Kompol Nurdin mengatakan, jika ada laporan masuk terkait politik praktis yang dilakukan personelnya, maka pihaknya tidak segan-segan menindak dan memberi sanksi berat.

"Jika ada dugaan anggota Polri tidak netral pada pilkades ini. Bidang Propam akan melakukan pendalaman dan penyelidikan, kalau terbukti. Sanksinya mulai dari hukuman ringan sampai sanksi berat sesuai pelanggarannya," terangnya, Senin (27/2/2023).

Baca Juga: Imbas COVID-19 Penduduk Miskin Kolaka Utara Naik

Ia juga telah mengingatkan konsekuensi hukum yang akan diterima setiap anggota Polri yang diduga melakukan hal-hal yang menunjukan ketidak netralan pada pilkades pada April 2023 mendatang.

"Sanksi tegas, mulai dari hukuman disiplin sampai dengan kode etik," ujarnya.

Polres Kolaka Utara telah berkomitmen untuk menjaga keamanan saat pilkades serentak, agar calon kepala desa dan pemilih bisa merasa aman dan tidak ada intervensi dari siapapun.

Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pihaknya akan menyiagakan 30 personel dari Dalmas dibantu BKO dan Polsek masing-masing di bagian Selatan dan Utara Kota Lasusua.

"Di setiap TPS dipersiapkan dua personel. Kami sudah membuat grub bersama semua panitia pilkades dan pihak-pihak terkait sebagai wadah koordinasi dan laporan yang lainnya," bebernya.

Baca Juga: Ribuan Warga Kolaka Utara Miskin Ekstrem, BPS dan Bappeda Validasi Data

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi menginginkan, pilkades serentak di 67 desa berlangsung aman, bersih dan bebas dari masalah.

Karena itu, kesuksesan pilkades jadi tanggung jawab bersama semua komponen yang ada, yakni pemerintah daerah, kepolisian, TNI dan masyarakat. Terutama panitia, pengawas dan petugas pendataan pilkades harus bekerja sesuai aturan.

"Panitia maupun pengawas bersinergi dan bekerja sama sesuai aturan yang ada. Semua ini untuk mengantisipasi terjadi kesalahan yang berakibat pidana," ucapnya. (B)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga