Polres Muna Jaga Gereja dan Razia Miras

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 22 Desember 2022
0 dilihat
Polres Muna Jaga Gereja dan Razia Miras
Wakil Bupati Muna, Bachrun Labuta bersama Kapolres, AKBP Mulkaifin mengecek personel pengamanan nataru. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kepolisian Resort (Polres) Muna mulai melakukan pengamanan perayaan natal dan tahun baru 2023 (nataru) di wilayah Muna dan Muna Barat "

MUNA, TELISIK.ID - Kepolisian Resort (Polres) Muna mulai melakukan pengamanan perayaan natal dan tahun baru 2023 (nataru) di wilayah Muna dan Muna Barat.

Pengamanan dilakukan bersama aparat TNI, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Dinas Pemadam Kebakaran akan berlangsung selama 11 hari yang dimulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin menerangkan, pihaknya all out dalam melakukan pengamanan dengan tujuan memberikan rasa nyaman dan aman pada masyarakat yang melaksanakan ibadah natal dan merayakan malam pergantian tahun baru.  

Baca Juga: Enam Pos Pengamanan Disiagakan Jelang Nataru

"Untuk natal, setiap gereja ada personil yang melakukan pengamanan," kata Mulkaifin, di sela-sela apel gelar pasukan Operasi Lilin Anoa, Kamis (22/12/2022).

Untuk pengamanan, pihaknya menyiapkan tiga pos terpadu. Lokasinya, di Pelabuhan Nusantara Raha, Pelabuhan Feri Tampo dan Tugu Jati.

"Selain tiga pos itu, kita juga antisipasi dengan meningkatkan patroli," ujarnya.

Mulkaifin mengaku, kerawanan yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas sewaktu-waktu bisa saja terjadi. Karenanya, pihaknya telah memetakan potensi-potensi yang dapat menimbulkan kerawanan, khususnya pada pusat kegiatan keramaian masyarakat.

"Biasanya pemicu utamanya minuman keras (miras). Makanya, kita intens melakukan razia miras," ungkapnya.

Mulkaifin menghimbau seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas daerah, sehingga pelaksanaan ibadah natal dan tahun baru dapat berjalan lancar, aman dan tertib.

"Kita butuh dukungan seluruh masyarakat agar situasi tetap kondusif," pintanya.

Baca Juga: Ribuan Keluarga di Kolaka Utara Teridentifikasi Berisiko Stunting

Secara teknis, Kabag Ops, AKP Muhamad Ogen Sairi menerangkan, total jumlah personel pengamanan sebanyak 259 orang yang tugasnya telah diploting masing-masing. Personel pengamanan itu terdiri dari 85 dari Polres Muna, 30 personel dari Kodim dan 139 dari instansi terkait.

Sementara itu, Wakil Bupati Muna, Bachrun Labuta berharap pelaksanaan perayaan nataru dapat berjalan aman dan lancar. Ia yakin, masyarakat Muna dapat menjaga Kamtibmas untuk menghormati umat kristiani yang sedang menjalankan ibadah.

"Mari kita sama-sama menjaga kamtibmas, sehingga nataru dapat dirayakan dengan suka cita," ajaknya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga