Polresta Kendari Siapkan Pasukan di Titik Rawan Pemilu

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Kamis, 12 Oktober 2023
0 dilihat
Polresta Kendari Siapkan Pasukan di Titik Rawan Pemilu
Pj Wali Kota, Kapolresta Kendari, KPU, Bawaslu, beserta jajarannya dalam rapat koordinasi pengamanan pemilu. Foto: Melsandy Wauda/Telisik

" Operasi Mantap Brata 2023-2024 bakal dilakukan Polresta Kendari dalam upaya pengamanan pemilu "

KENDARI, TELISIK.ID - Kesiapan pengamanan Pemilu 2024 menjadi tugas utama institusi penegak hukum, terutama Polri. Di Kendari, Operasi Mantap Brata 2023-2024 bakal dilakukan Polresta Kendari dalam upaya pengamanan pemilu.

Kapolresta Kendari, Muhamad Eka Fathurrahman memaparkan, maraknya kejahatan yang nantinya akan dihadapi pada saat proses pemilu, membuat pihaknya lebih cepat merapatkan barisan dengan salah satunya, menggelar rapat koordinasi pengamanan pemilu tahun 2024, Kamis (12/10/2023).

Strategi yang dilakukan yaitu dengan menyiapkan anggota di beberapa titik yang rawan antara lain seperti rumah penyelenggaraan pemilu, kantor pemenangan caleg, capres, cawapres, kantor pengurus partai, hingga rumah singgah, termasuk juga wilayah hukum Polresta Kendari.

Perkiraan ancaman yang rawan untuk diantisipasi dalam pemilu adalah unjuk rasa, pemukulan, penganiayaan, pengrusakan barang, hoaks, dan teror.

Baca Juga: Antisipasi Konflik Pemilu 2024, Polda Sulawesi Tenggara Siap Tempur

"Pada saat ini sudah dilakukan koordinasi dan kerja sama dengan pihak penyelenggara pemilu yaitu KPU dan sejauh ini Alhamdulillah masih kondusif," ungkap Kasat Intel Polresta Kendari, Ipda Zulkifly.

Ketua KPU Kendari, Jumwal Saleh mengatakan, tantangan pemilu tersendiri bagi KPU adalah karena sebagian besar pemilih adalah generasi milenial yang tidak terlalu tertarik dengan politik, atau apolitik.

Baca Juga: Muna Barat Antisipasi Pemicu Konflik Pemilu 2024

Meski begitu, KPU telah menyiapkan program khusus untuk mengatasi masalah milenial tersebut dengan cara mengadakan sosialisai tatap muka di sekolah-sekolah dan program podcas diskusi untuk menjangkau anak muda untuk melibatkan diri dalam pemilu nanti.

Tempat yang sama, Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengimbau kerja sama dari berbagai pihak. Menurutnya, tugas menjaga keamanan adalah tugas bersama, kuncinya adalah koordinasi dan sinergi dalam bekerja. (A)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga