Polri dan DPR RI Lembaga Negara Paling Korup di Asean

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 21 Juni 2024
0 dilihat
Polri dan DPR RI Lembaga Negara Paling Korup di Asean
Gedung DPR di Senayan Jakarta (kiri), dan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (kanan). Foto: Kolase

" DPR RI menjadi lembaga negara dengan peringkat terendah dalam hal kepercayaan publik di Asia Tenggara "

JAKARTA, TELISIK.ID - Tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja Polri mencapai 65 persen, sedangkan TNI sebesar 88 persen. Namun DPR RI tak lepas dari sorotan, menjadi lembaga negara dengan peringkat terendah dalam hal kepercayaan publik di Asia Tenggara.

Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), Polri dan DPR menempati peringkat teratas sebagai lembaga negara paling korup di Asean.

Dilansir dari Inilah.com, Jumat (21/6/2024) Indonesia berada di peringkat ke-18 sebagai negara dengan kepolisian terkorup di dunia. Penilaian ini diambil dari berbagai aspek, mulai dari kepercayaan masyarakat terhadap kinerja dan performa kepolisian dalam menyelesaikan masalah, hingga perlakuan tidak adil dan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Berdasarkan laporan dari Indexmundi.com, Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara dengan kepolisian terkorup di Asia Tenggara, dengan nilai rata-rata 7,56. Dari 296 laporan, tingkat kesalahan yang dilakukan oleh kepolisian mencapai 5,70 persen.

Di posisi kedua terdapat Thailand dengan nilai rata-rata 7,40. Kepolisian Thailand memiliki tingkat kesalahan sebesar 8,03 persen dari 149 laporan.

Baca Juga: Deretan Kasus Korupsi Tanah Air dengan Kerugian Terbesar Sepanjang Sejarah, Negara Bobol hingga Ratusan Triliun

Filipina menduduki peringkat ketiga dengan nilai 7,12 sebagai negara dengan kepolisian terkorup di Asia Tenggara. Margin kesalahan yang dilakukan oleh kepolisian Filipina adalah 3,15 persen dari 965 laporan.

Malaysia mendapatkan penilaian 7,11, dengan tingkat kesalahan yang dilakukan oleh kepolisian mencapai 3,86 persen dari 643 laporan.

Kamboja memperoleh nilai 6,97 dengan margin kesalahan sebesar 8,91 persen dari 121 laporan, sedangkan Vietnam mendapatkan nilai 6,85 dengan margin kesalahan 7,70 persen dari 162 laporan.

Singapura, sebagai negara dengan tingkat korupsi terendah di Asia Tenggara, meraih nilai 2,10 dengan margin kesalahan 4,81 persen dari 415 laporan.

Baca Juga: Polri Kirim Tujuh Polwan jadi Petugas Pelayanan Ibadah Haji

Sementara itu, dikutip dari Liputan6.com,  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali membeberkan institusi di Indonesia yang memiliki tingkat korupsi tertinggi. Institusi tersebut adalah Polri.

Selain Korps Bhayangkara, DPR juga menjadi sasaran empuk target korupsi di Indonesia. Menurut laporan, parlemen di Indonesia lebih kreatif dalam melakukan tindak pidana korupsi.

Kreativitas anggota parlemen dalam melakukan tindak korupsi menjadikan parlemen di Indonesia masuk dalam jajaran parlemen terkorup di negara Asia Tenggara. Dengan demikian, DPR pun menjadi salah satu lembaga yang paling korup di Asia Tenggara. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga