Polri Minta Masyarakat Tak Sebar Hoaks, Tegaskan Netral di Pemilu 2024

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Senin, 12 Februari 2024
0 dilihat
Polri Minta Masyarakat Tak Sebar Hoaks, Tegaskan Netral di Pemilu 2024
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. Foto: Ist.

" Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam memilah informasi yang beredar di media sosial "

KENDARI, TELISIK.ID - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam memilah informasi yang beredar di media sosial.

Keterangan resmi yang diterima Telisik.id, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, menegaskan pentingnya untuk tidak terlibat dalam menyebarkan informasi palsu atau hoaks yang bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain.

"Pada umumnya, informasi palsu atau berita palsu di internet disebarkan ulang dengan cara copy dan paste. Setelah dicopas, konten diedit sedemikian rupa dan disisipi dengan gagasan kepentingan tujuan hoaks yang tentunya tanpa menyertakan link sumber," kata Trunoyudo dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu (11/2/2024).

Baca Juga: Hasilnya Kampanye Akbar di JIS Lebih Unggul dari GBK, Anies-Muhaimin Tak Terbendung

Dalam kesempatan ini, ia pun membantah beberapa informasi yang menyatakan Polri tidak netral dalam Pemilu 2024.

"Polri akan netral dan itu adalah harga mati bagi Polri. Karena Polri terikat oleh peraturan perundang-undangan dan perkap," ujarnya.

Saat ini, kata Trunoyudo, Polri fokus pada tanggung jawab pengamanan Pemilu 2024 bersama seluruh stakeholder untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, sejuk, damai dan bermartabat.

Baca Juga: Anies: Menang Satu Putaran Bukan Ditentukan Segelintir Orang di Ruang Tertutup, Paloh Bicara Koalisi dengan Megawati

"Polri terus berkomitmen menciptakan Pemilu 2024 berjalan aman, damai, sejuk dan bermartabat hingga tuntas serta terpilihnya pemimpin nasional yang baru," katanya.

Dengan adanya peran serta aktif dari masyarakat dalam memerangi penyebaran hoaks, diharapkan bahwa situasi politik dan sosial di Indonesia dapat tetap stabil dan terkendali menjelang dan selama berlangsungnya Pemilu 2024.

Polri pun menegaskan bahwa mereka siap bekerja sama dengan semua pihak untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi proses demokrasi di tanah air. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga