Polri Terapkan Standar FIFA Amankan Piala Dunia U-17, Timnas Indonesia Tantang Ekuador di Laga Pembuka

Mustaqim, telisik indonesia
Rabu, 08 November 2023
0 dilihat
Polri Terapkan Standar FIFA Amankan Piala Dunia U-17, Timnas Indonesia Tantang Ekuador di Laga Pembuka
JIS menjadi salah satu venue pertandingan Piala Dunia U-17 yang akan dimulai pada 10 November hingga 4 Desember 2023. Foto: Mustaqim/Telisik

" Piala Dunia Sepak Bola U-17 akan dimulai pada 10 November hingga 4 Desember 2023 di empat kota di Indonesia. Polri memastikan siap mengamankan event bergengsi internasional ini sesuai standar FIFA "

JAKARTA, TELISIK.ID - Piala Dunia Sepak Bola U-17 akan dimulai pada 10 November hingga 4 Desember 2023 di empat kota di Indonesia. Polri memastikan siap mengamankan event bergengsi internasional ini sesuai standar FIFA.

Empat kota yang menjadi lokasi pertandingan dan masing-masing venue yakni Jakarta menggunakan Stadion Jakarta International Stadium (JIS), Bandung (Stadion Si Jalak Harupat), Solo (Stadion Manahan), dan Surabaya (Stadion Gelora Bung Tomo).

Khusus Timnas Indonesia U-17 akan bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo yang menjadi home base bagi tim asuhan Bima Sakti. Di sini juga akan dilakukan upacara pembukaan dan pertandingan perdana Timnas U-17 versus Ekuador.

“Tadi kami melaksanakan 'tactical floor game' (TFC) diikuti oleh perangkat operasi tingkat pusat dan Satgas Pamwil (Satuan Tugas Pengamanan Wilayah) Daerah yang tujuannya lebih mematangkan, memantapkan kesiapan Polri, dan Satgas Pamwil untuk melakukan pengamanan Piala Dunia U-17,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan, Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023, Dimulai Bulan Ini

Polri melaksanakan operasi terpusat mulai 9 November 2023 di empat kota venue pertandingan dengan Sandi Operasi Aman Becuya 2023 untuk mengamankan penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

Operasi ini melibatkan 13.246 personel Polri yang berasal dari tingkat Mabes Polri dan empat Polda, yakni Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, dan Polda Jawa Timur. Berlangsung selama 25 hari, dimulai sejak 10 November sampai dengan 4 Desember.

“Besok (Kamis, 9 November 2023, red) dilaksanakan apel gelar pasukan Operasi Aman Becua 2023 di empat Polda. Empat wilayah yang melaksanakan Operasi Aman Becuya, masing-masing dipimpin oleh Kasatgas Pamwil,” jelas Ramadhan yang juga Wakasatgas Humas Operasi Aman Becuya 2023.

Operasi Aman Becuya 2023 dipimpin oleh Kabareskrim, Komjen Pol Wahyu Widada, sebagai Kepala Satgas Operasi (Kasatgasops). Sedangkan di tingkat Polda dipimpin oleh masing-masing Kapolda selaku Kasatgaspamwil.

Pengamanan yang dilaksanakan oleh Polri, menurut Ramadhan, sesuai dengan standar FIFA, seperti pengamanan di dalam stadion tidak ada personel berseragam, termasuk tidak ada penggunaan gas air mata.

“Di dalam stadion tidak ada anggota Polri berseragam, ada beberapa anggota berkostum steward (pengamanan sipil, red), yang tentu cara bertindak sudah standar FIFA. Artinya peristiwa yang tidak kita inginkan tidak terulang lagi,” beber Ramadhan.

Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang termasuk venue yang akan digunakan oleh empat tim peserta, disuplai empat lapis pengamanan kelistrikan jelang pertandingan pada Jumat (10/11/2023). PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya telah meninjau keempat lapis pengaman listrik untuk memeriksa kesiapan saat bergulirnya pertandingan.

“Petugas PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya siaga kelistrikan dari Distribution Control Center (DCC) Jakarta dan JIS yang menjadi venue utama pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta,” kata General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran, dalam keterangan tertulis.

Tak hanya kelistrikan di venue utama, petugas PLN Jakarta juga memantau kelistrikan di lapangan latihan atlet di JIS. Termasuk hotel tempat para pemain menginap. Lasiran memastikan suplai listrik ke seluruh venue Piala Dunia U-17 dalam keadaan aman dan andal.

Pemeriksaan hingga pemantauan oleh petugas di venue utama dan lapangan latihan, menurut Lasiran, dilakukan demi memenuhi keandalan listrik saat perhelatan Piala Dunia U-17 berlangsung.

"Memastikan pasokan listrik ke venue utama, gardu induk, gardu hubung, hingga gardu distribusi. Memastikan kesiapan backup supply dan personel siaga, hingga menyiapkan lima posko siaga PLN UID Jakarta Raya,” jelas Lasiran.

Venue lain yang ikut dijaga kelistrikannya oleh PLN yakni tempat latihan pemain, di antaranya Lapangan Soemantri Brodjonegoro, Lapangan A-B-C Gelora Bung Karno (GBK), Stadion Madya GBK, dan Lapangan Banteng.

Sementara itu, proses renovasi JIS disebut telah rampung. Sebelumnya, Direktur Teknik dan Pengembangan Bisnis PT Jakarta Propertindo (Jakpro), I Gede Adi Adnyana, memastikan JIS sudah bisa dipakai untuk pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga: 8 Rumah Sakit di Surabaya Beroperasi 24 Jam Layani Piala Dunia U-17

“Aman persiapan JIS. Kami didukung kok. didukung penuh, full. Kami sudah tinggal jalan aja,” ujar Adi, Senin (6/11/2023) lalu.

Adi juga memastikan, pembangunan dan perbaikan area JIS telah rampung dikerjakan sehingga siap untuk dipakai dengan fasilitas yang lebih lengkap dari sebelumnya. “Sudah finishing, semua sudah. Sudah tinggal main doang. Kalau boleh dikatakan tinggal dipakai saja sudah, selesai,” jelasnya.

Delapan negara yang tergabung di Grup C dan E dipastikan yang akan bertanding di JIS. Di Grup C yakni Brasil, Inggris, Iran, dan Kaledonia Baru. Grup E berisi Prancis, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Burkina Faso.

Sementara Timnas Indonesia U-17 tergabung di Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama akan bermain di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Indonesia di partai pembuka bakal berduel dengan Ekuador pada Jumat (10/11/2023), selanjutnya meladeni Panama (Senin, 13/11/2023), dan Maroko di partai akhir grup (16/11/2023). (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga