adplus-dvertising

Pondok Arafah, Rumah Makan Nuansa Alam Hadirkan Menu Modern dan Tradisional

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 28 Agustus 2020
3582 dilihat
Pondok Arafah, Rumah Makan Nuansa Alam Hadirkan Menu Modern dan Tradisional
Rumah makan Pondok Arafah dibangun di atas danau buatan. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Rumah makan ini memang didesain untuk tempat berkumpul bersama keluarga, rekan kerja dan teman-teman komunitas. "

KENDARI, TELISIK.ID - Menu dan konsep rumah makan kini kian berkembang dengan beragam inovasi. Salah satunya Pondok Arafah yang menyuguhkan pemandangan layaknya alam terbuka.

Pondok Arafah yang berdiri pada 2018 silam berada di tengah kota, tepatnya di kompleks Ummushabri, Jalan Jenderal Ahmad Yani No.3 Kelurahan Bende, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Saat memasuki rumah makan milik Ibu Arafah yang dikelola bersama Adiknya, Difa Mukti Ahmad ini meski berada di tengah kota, para pengunjung dimanjakan dengan nuansa alam yang bersahabat.


 

Suasana penjamuan di rumah makan Pondok Arafah. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

 

Bagaimana tidak, rumah makan ini dibangun di atas danau buatan. Terdiri dari enam gazebo yang bisa memuat sampai delapan orang, dan dua gazebo utama untuk menampung hingga puluhan orang.

"Rumah makan ini memang didesain untuk tempat berkumpul bersama keluarga, rekan kerja dan teman-teman komunitas," kata Difa Mukti Ahmad kepada Telisik.id, Jumat (28/8/2020).

Pondok Arafah menghadirkan berbagai menu makanan dan minuman, dari hidangan tradisional hingga modern.

 

Beberapa menu makanan Pondok Arafah. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

 

Menu andalannya adalah bubur bakar dengan harga terjangkau yakni Rp 20 ribu. Keunikan bubur ayam ini disajikan menggunakan mangkok yang bisa dibakar di atas tungku, ditambahkan jagung manis, kedelai, irisan ayam goreng, bawang goreng, pangsit goreng dan sebagainya.

Baca juga: Dihadang Warga, Lahan Sengketa Berhasil Dieksekusi

Pondok Arafah juga menyediakan berbagai jenis makanan yang terdiri dari menu bakso, mie pangsit, nasi goreng, paket ayam, paket sinonggi hingga berbagai jenis ikan seperti ikan bandeng tanpa duri, ikan nila dan sebagainya. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari harga Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu per porsinya.

Selain itu, Difa Mukti Ahmad melanjutkan, Pondok Arafah juga mempunyai tim Event Organized (EO) yang akan memberikan layanan ke pada pengunjung ketika mengadakan event di tempat ini.

"Untuk tempat dan sarana fasilitas kita juga siapkan mulai dari sound system, LCD, laptop dan sebagainya. Ke depan kalau semuanya sudah berangsur membaik, kita akan bekerjasama dengan banyak pihak, termasuk pariwisata," lanjutnya.

Tidak hanya itu, untuk memanjakan pengunjung, Pondok Arafah juga menyediakan fasilitas memancing di danau buatannya, seperti alat pancing dan pakan ikan.

"Pengunjung juga bisa memancing di sini. Nanti ikan hasil pancingannya akan ditimbang, perkilonya Rp 30 ribu. Jadi, Pondok Arafah bukan hanya tempat makan, tapi juga tempat rekreasi dan refreshing," ujarnya.

Pondok Arafah memiliki dua dapur. Dapur pertama adalah tempat pengelolaan bahan yang berada di Jalan Wua-Wua dan dapur duanya di Pondok Arafah itu sendiri.

"Pondok arafah juga menerima pesanan online melalui aplikasi go food dan pesanan online lainnya," imbuhnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga