Ponpes Baron Kendari Jadikan Ramadan Momen Tingkatkan Kreativitas Santri

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 31 Maret 2024
0 dilihat
Ponpes Baron Kendari Jadikan Ramadan Momen Tingkatkan Kreativitas Santri
Suasana Panggung Kreativitas Santri di Ponpes Al Ihsan Baron Kendari. Foto: Fitrah/Telisik

" Pondok Pesantren Al Ihsan Baron Kendari menjadikan bulan Ramadan sebagai momen untuk meningkatkan kreativitas para santri "

KENDARI, TELISIK.ID - Pondok Pesantren Al Ihsan Baron Kendari menjadikan bulan Ramadan sebagai momen untuk meningkatkan kreativitas para santri.

Hal tersebut dilakukan dengan menggelar lomba antar santri yang mengasah kreativitas santri di halaman sekolah Ponpes Al Ihsan Baron Kendari, Minggu (31/3/2024).

Adapun lomba yang diperlombakan pada Panggung Kreativitas Santri ini di antaranya adalah lomba pidato, ranking satu, nasyid, dan sebagainya.

Sementara yang menjadi panitia pelaksana kegiatan ini adalah santri SMP dan SMA Bina Insan Mandiri Al-Masrur Kendari.

Baca Juga: Jelang Lebaran Harga Sembako di Pasar Naik Turun

Kepala SMA Bina Insan Mandiri Al-Masrur Kendari, Imran mengatakan, tujuan kegiatan kreiatifitas bagi santri di bulan Ramadan ini adalah untuk mengembangkan potensi para santri dalam berbagai bidang, seperti seni, sastra, dan teknologi, sambil tetap memperkuat nilai-nilai spiritual dan keagamaan.

Hal ini juga, kata dia, dapat menjadi sarana untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat dan meningkatkan kecerdasan serta kreativitas mereka.

Ia pun berharap, dengan adanya kegiatan kreativitas di bulan Ramadan ini dapat mengembangkan bakat dan minat para santri, meningkatkan kreativitas dan inovasi, serta memperoleh pengalaman dan keterampilan baru.

"Selain itu, kami harapkan kegiatan ini juga dapat menjadi sarana untuk memperkuat ukhuwah Islamiyyah antar santri, meningkatkan semangat berkolaborasi, dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar," kata Imran.

Fuad Baso Rahmat, Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan SMA Bina Insan Mandiri Al-Masrur Kendari, mengatakan bahwa perlombaan ini mengajak para santri untuk berkreasi namun tetap berada dalam koridor Islam.

Baca Juga: Ini Harta Kekayaan Pj Wali Kota Baubau, Punya Aset Gila di Bogor

Selain itu, tambah dia, mental santri juga terbangun dan berani menyampaikan kebenaran yang tentu dimulai dari tampil di depan teman sekolahnya di pondok pesantren ini.

"Dan untuk keberhasilan sebuah acara tentu ada panitia yang kompak dalam pelaksanaan sehingga panggung ini melatih kerjasama antara santri," ujarnya.

Sementara itu, salah satu juri lomba Panggung Kreativitas Santri, Hasim Fardianta mengatakan, dengan adanya lomba ini bisa membuat santri menjadi ahli di bidangnya masing-masing sehingga bisa bermanfaat untuk umat di masa mendatang.

Dengan adanya lomba ini menjadi inspirasi bagi santri untuk mengasah kreativitasnya dan menumbuhkan kepercayaan diri mereka juga," pungkasnya. (A)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga