Porprov XIV Sulawesi Tenggara Resmi Ditutup

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Minggu, 04 Desember 2022
0 dilihat
Porprov XIV Sulawesi Tenggara Resmi Ditutup
Gubernur Ali Mazi bersama kepala daerah, forkopimda dan Ketua DPRD se-Sulawesi Tenggara di acara penutupan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV di Alun-Alun Kotamara, Baubau. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Sulawesi Tenggara resmi ditutup oleh Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi "

BAUBAU, TELISIK.ID - Penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Sulawesi Tenggara resmi ditutup oleh Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi, S.H., di Alun-Alun Kotamara, Baubau, Sabtu (3/12/2022) malam.

Diketahui, porprov dibuka oleh gubernur pada tanggal 26 November lalu di Kabupaten Buton.

Kota Kendari keluar sebagai juara umum dengan total perolehan medali 115 emas, 97 perak, 111 perunggu dengan total medali sebanyak 323.

Di peringkat dua ditempati Kabupaten Konawe Utara dengan perolehan 114 medali emas, 87 perak, dan 77 perunggu, dengan jumlah keseluruhan 278 medali.

Di peringkat tiga Kota Baubau dengan perolehan 60 medali emas, 63 perak, dan 108 perunggu, dengan jumlah keseluruhan 231 medali.

Persembahan tari kolosal di penutupan Pekan Olahraga Provinsi XIV Sulawesi Tenggara. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

 

Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Provinsi Sulawesi Tenggara, Alfian Taufan Putra dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sulawesi Tenggara yang telah menjadikan Kota Baubau dan Kabupaten Buton sebagai tuan rumah porprov kali ini.

"Memang banyak dinamika yang ada, juga masih banyak kekurangan yang harus dibenahi," tutur Alfian Taufan Putra.

Baca Juga: Kota Kendari Juara Umum Porprov XIV Sulawesi Tenggara, Bonus Menanti Para Atlet

Dia berharap porprov ke depannya makin jaya dan sukses. Dia juga mengingatkan kepada para atlet bahwa ajang Porprov ke-14 bukan hanya ajang untuk mendapatkan medali, namun juga sebagai persiapan untuk PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Senada dengan itu, Wali Kota Baubau, Laode Ahmad Monianse merasa bangga atas kepercayaan Gubernur Sulawesi Tenggara yang telah menjadikan Kota Baubau dan Kabupaten Buton sebagai tuan rumah ajang olahraga terbesar di Sulawesi Tenggara ini.

Api Porprov XIV Sulawesi Tenggara yang dipadamkan, pertanda berakhirnya pelaksanaan porprov. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

 

"Dan Alhamdulillah porprov berlangsung dengan baik dan aman dikarenakan peran aktif semua pihak," ujar Laode Ahmad Monianse sekaligus mengucapkan selamat kepada seluruh atlet yang telah mengukir prestasi untuk daerahnya, dan yang belum berhasil agar berlatih lagi agar dapat mengukir prestasi di kemudian hari.

"Selamat jalan untuk para peserta porprov dan semoga selamat sampai di tujuannya masing-masing. Bila ada kekurangan selama pelaksanaan porprov, mohon dimaafkan," ucapnya.

Perolehan medali seluruh kontingen peserta Porprov XIV Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

 

Sementara itu Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, mengucapkan terima kasih kepada Kabupaten Buton dan Kota Baubau yang telah sukses dalam penyelenggaraan Porprov XIV Sulawesi Tenggara dan mengucapkan selamat kepada kabupaten/kota yang menjadi juara.

Hadir di acara penutupan perhelatan empat tahunan tersebut, selain Gubernur Ali Mazi, Danrem 143 Hauoleo, Ketua KONI Provinsi Sulawesi Tenggara, kepala daerah se-Sulawesi Tenggara, Forkopimda Provinsi Sulawesi Tenggara, Forkopimda kota/kabupaten se-Sulawesi Tenggara, sekretaris daerah se-Sulawesi Tenggara, dan Ketua KONI kota/kabupaten se-Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Simak Jadwal Lengkap Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Walaupun di siang harinya Kota Baubau sempat diguyur hujan, namun pada sore hingga di akhir acara penutupan, suasana berubah menjadi cerah sehingga pelaksanaan penutupan berjalan dengan meriah.

Penutupan Pekan Olahraga Provinsi XIV Sulawesi Tenggara diawali dengan tari kolosal, kemudian dilanjutkan laporan dan sambutan dari Ketua KONI Sulawesi Tenggara Alfian Taufan Putra, Wali Kota Baubau Laode Ahmad Monianse, dan Gubernur Ali Mazi yang sekaligus menutup dengan resmi penyelenggaraan porprov.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penurunan bendera porprov dan pemadaman api porprov yang menandakan berakhirnya penyelenggaraan Porprov XIV Sulawesi Tenggara di Kabupaten Buton dan Kota Baubau.

Penampilan artis pemenang lomba gebyar dangdut asal Kota Baubau dan artis asal Ambon Mitha Talahatu, membuat acara penutupan yang dihadiri ribuan warga Kota Baubau, semakin meriah. (A-Adv)

Penulis: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga