Positif COVID-19 Setelah Vaksinasi Dosis Lengkap, Ini Kata Ahli

Wa Ode Umratul Khazanah, telisik indonesia
Kamis, 10 Februari 2022
0 dilihat
Positif COVID-19 Setelah Vaksinasi Dosis Lengkap, Ini Kata Ahli
Kata ahli soal usai vaksinasi lengkap terhadap COVID-19. Foto: Orami.com

" Gejala yang dirasakan lebih ringan dibandingkan dengan masyarakat yang belum divaksin "

KENDARI, TELISIK. ID - Varian baru COVID-19 Omicron, saat ini tengah melanda Indonesia, tak terkecuali Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sampai saat ini kasus positif COVID-19 di Sultra terus meningkat. Meski belum bisa dipastikan melalui hasil uji laboratorium, namun dari gejala yang ada menunjukkan ciri virus varian baru itu.

Hal ini kemudian menimbulkan banyak pertanyaan masyarakat, apakah vaksinasi dosis lengkap tak cukup untuk melawan virus varian baru Omicron?

Menjawab hal ini, seorang Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Hamzah menjelaskan, masyarakat perlu memahami bahwa vaksin tidak dapat mencegah penularan penyakit COVID-19. Vaksin hanya dapat mengurangi tingkat keparahan penyakit.

Menurutnya, setiap masyarakat yang sudah divaksin dengan dosis lengkap 1 dan 2, tetap memiliki peluang untuk tertular virus corona. Hanya saja, gejala yang dirasakan lebih ringan dibandingkan dengan masyarakat yang belum divaksin.

Baca Juga: Yuk Coba, Ini Contoh Menu Sarapan Sehat untuk Anak

"Vaksin tidak dapat mencegah virus yang masuk. Vaksin hanya dapat mengurangi gejala yang muncul," ujarnya saat ditemui tim Telisik.id, Kamis (10/2/2022).

Senada dengan itu, Direktur RSUD Kota Kendari, dr Sukirman menjelaskan, vaksin adalah sejenis virus yang telah dilemahkan dan disuntikkan ke tubuh manusia yang terus bermutasi membentuk sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu.

"Vaksin hanya membentuk anti virus, namun virus terus bermutasi membentuk varian baru," jelasnya.

Hal ini lanjut Sukirman, bukan berarti vaksin tidak berguna untuk melawan penyakit COVID-19, vaksinasi tetap harus dilakukan untuk mengurangi kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi jika seseorang terjangkit virus corona.

Baca Juga: Melonjak, Ini Tips Menghadapi Kasus Omicron

Sukirman juga menambahkan, virus COVID-19 telah ada jauh sebelum hari ini, dan tidak akan pernah bisa dimusnahkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg Rahminingrum terus mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi, guna terbentuknya masyarakat dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

"Untuk itu, melalui kesempatan ini, saya mengimbau, yang belum vaksin ayo vaksin," pungkasnya. (A)

Reporter: Umratul Khazanah

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga