PPDB Dimulai, Ini Lima Jalur Pendaftaran Bisa Dipilih Calon Siswa Baru

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Senin, 20 Juni 2022
0 dilihat
PPDB Dimulai, Ini Lima Jalur Pendaftaran Bisa Dipilih Calon Siswa Baru
Guru SMAN 1 Kendari saat memantau pelaksanaan pendaftaran PPDB online. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Saat ini ada lima jalur pendaftaran yang bisa dipilih oleh para calon siswa baru "

KENDARI, TELISIK.ID - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK se-Sulawesi Tenggara secara serentak dimulai hari ini, 20 hingga 30 Juni mendatang.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui website https://ppdb-sultra.cerdas.click.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, PPDB tahun ini sedikit berbeda. Saat ini ada lima jalur pendaftaran yang bisa dipilih oleh para calon siswa baru yaitu jalur prestasi, zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua, dan nilai rapor.

Kabid SMA Dikbud Sulawesi Tenggara, La Samahu mengatakan, untuk jalur pendaftaran, memang selalu diupayakan bisa mencakup segala aspek. Agar para calon siswa baru bisa memiliki banyak pilihan untuk mendaftar.

"Tahun sebelumnya kan hanya empat saja. Di tahun ini kita tambah lagi satu jalur yaitu nilai rapor. Jadi para siswa-siswi yang memiliki nilai rapor yang tinggi, atau para juara-juara kelas, itu bisa mendaftar di sekolah yang mereka inginkan, tanpa harus melihat jalur zonasi," ungkapnya, Senin (20/6/2022).

Baca Juga: STIE 66 Kendari Jadi PTS Pertama di Sulawesi Tenggara Terapkan SKPI Bagi Mahasiswa

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Kendari, Ruslan mengungkapkan, lima jalur pendaftaran yang diberlakukan, merupakan hal yang cukup bagus. Artinya, para pendaftar bisa memilih di jalur mana yang akan dipilih untuk mendaftar.

"Sangat membuka peluang untuk siswa mendaftar melalui jalur mana saja, terlebih dengan adanya jalur nilai rapor. Memberikan kesempatan bagi mereka yang juara kelas untuk mendaftar di sekolah-sekolah favorit. Tentunya sebagai kepala sekolah, saya senang dengan kebijakan yang diterapkan. Para siswa diberikan banyak pilihan untuk mendaftar," jelasnya.

Sementara itu, salah satu pendaftar Andir, mengaku sangat antusias dengan pelaksanaan PPDB tahun ini, karena banyak pilihan jalur yang diberikan dalam mendaftar.

Baca Juga: Menjawab Era Globalisasi, Ini Tiga Jurusan Baru di Unsultra

"Senang sekali, banyak pilihan jalurnya. Jadi kita para pendaftar bisa memilih jalur mana yang akan kita pilih, sesuai dengan kemampuan. Misalnya kalau kita berprestasi, bisa pilih jalur prestasi, jika memiliki nilai rapor yang tinggi bisa pilih jalur nilai rapor, dan seterusnya. Artinya kita sebagai calon siswa, diberikan keleluasaan untuk memilih," ujarnya. (A)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga