Prabowo Antisipasi Serangan Beli Pesawat Bekas, Capres Anies dan Ganjar Sangat Optimis Unggul di Debat Ketiga

Mustaqim, telisik indonesia
Jumat, 05 Januari 2024
0 dilihat
Prabowo Antisipasi Serangan Beli Pesawat Bekas, Capres Anies dan Ganjar Sangat Optimis Unggul di Debat Ketiga
(Kanan-kiri) Pasangan capres-cawapres Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud usai debat pertama kampanye Pilpres 2024 di kantor KPU RI, Jakarta, 12 Desember 2023. Foto: Repro Antara

" Debat ketiga capres akan disiarkan secara live oleh stasiun televisi penyelenggara dari MNC Group, yakni RCTI, iNews TV, dan Global TV mulai pukul 19:00 WIB. Ketiga capres optimis menghadapi debat "

JAKARTA, TELISIK.ID – Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, percaya diri (pede) menghadapi debat ketiga kampanye Pilpres 2024 untuk capres pada Minggu (7/1/2024) di Istora Senayan, Jakarta.

Sikap pede Prabowo beralasan karena tema debat terkait dengan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, politik luar negeri, geopolitik, dan globalisasi. Tema tersebut dianggap sangat berhubungan dengan jabatan yang sedang diemban Prabowo sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) RI dan juga mantan prajurit TNI.  

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Erwin Aksa, memastikan bahwa Prabowo serius mempersiapkan diri untuk menghadapi debat ketiga dan memiliki banyak informasi perihal tema debat. Termasuk menyiapkan jawaban soal pembelian pesawat bekas dan anggaran Menhan yang menjadi polemik.

“Pembelian pesawat ex Qatar Mirage sepengetahuan saya karena hubungan yang baik Pak Prabowo dengan Presiden Prancis dan juga Raja Qatar. Barang tersebut dibeli melalui kredit ekspor sampai pesawat Raphael baru tiba,” ujar Erwin dihubungi di Jakarta, Kamis (4/1/2024) malam.

Menurut Erwin, Kemenhan dalam dua tahun belakangan tidak pernah membeli alat utama sistem pertahanan (alutsista) dan relokasi anggaran dalam dua tahun pun terbesar dari Kemenhan. Pengadaan alutsista karena strategis sehingga perlu izin beberapa negara dan ini sudah dikonsultasikan dengan Komisi I DPR.

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, sempat menyinggung pembelian pesawat bekas oleh Kemenhan. Dia mengapresiasi atas penilaian TKN Prabowo-Gibran yang mengunggulkan Prabowo dalam debat mengenai pertahanan dan keamanan. Namun, Ganjar tetap optimistis dapat berdebat dengan Menteri Pertahanan.

Baca Juga: KPU Abaikan Keberatan Kubu Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran Soal Independensi MNC Group di Debat Ketiga Capres

“Saya sangat optimis, kalau soal menguasai debat nanti kita lihat karena tidak hanya berbicara pertahanan, tapi ada tema lainnya. Bicara soal pertahanan, kalau belinya pesawat bekas, enggak ada itu!” tegas pada Sabtu (30/12/2023) pekan lalu.

Kemenhan tercatat membeli pesawat tempur bekas Mirage 2000-5 dari Qatar. Kontrak pembelian 12 pesawat pesawat buatan 1997 itu ditandatangani pada 31 Januari 2023 dengan nilai 734,53 juta dolar Amerika atau setara Rp 10,947 triliun.

Pemerintah Qatar pada 2009 sempat menawarkan pesawat yang sama ke Indonesia. Namun, Menteri Pertahanan ketika itu, Yuwono Sudarsono, menolak karena biaya pemeliharaan yang mahal.

Mengenai debat ketiga nanti, Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengatakan Prabowo hanya akan fokus pada tema debat dan tidak akan menyerang capres nomor urut 1, Anies Baswedan, maupun Ganjar Pranowo.

Prabowo, kata Nusron, sudah menyiapkan antisipasi jika diserang capres lain berkaitan tema debat yang berhubungan langsung dengan kewenangan Menteri Pertahanan.

“Tujuannya menyampaikan visi dan misi secara baik. Tidak ada unsur serang menyerang, jadi mengalir seperti air saja. Yang namanya debat menghadapi serangan ya biasa, tinggal dijawab saja,” ujar Nusron, Kamis (4/1/2024).

Baca Juga: Cak Imin dan Todung Setuju Bansos Diawasi Ketat, Peneliti BRIN Minta Dihentikan Sementara hingga Usai Pemilu 2024

Selain Ganjar, kubu Anies Baswedan pun optimis bisa menandingi Prabowo di debat ketiga. Juru bicara Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN), Billy David Nerotumilena, menegaskan bahwa Anies sudah siap secara gagasan dan ide.

“Nanti ditambahkan dengan data, kritik ataupun kejutan-kejutan lain. Ide dan gagasan ini juga sudah diuji melalui keterlibatan publik dan expert (ahli, red) yang digagas tim formulasi kebijakan,” jelas Billy, Kamis (4/1/2024).

Optimisme bisa menandingi Prabowo, menurut Billy, sudah terlihat sejak debat pertama. Begitu pun menjelang debat ketiga untuk capres, Billy menyebut Anies banyak membaca materi, substansi, dan berdiskusi dengan dewan pakar serta kedeputian terkait di Timnas AMIN.

Debat ketiga capres akan disiarkan secara live oleh stasiun televisi penyelenggara dari MNC Group, yakni RCTI, iNews TV, dan Global TV mulai pukul 19:00 WIB. Debat masih menggunakan format yang sama dengan enam segmen dan total durasi 150 menit, sudah termasuk commercial break. (A)

Penulis: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga