Praktik Kerja Lapangan Cetak Alumni Siap Kerja

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 16 Februari 2023
0 dilihat
Praktik Kerja Lapangan Cetak Alumni Siap Kerja
Praktik kerja lapangan sebagai bentuk implementasi ilmu mahasiswa yang didapatkan saat perkuliahan dan sebagai bekal menuju dunia kerja. Foto: Ist.

" Fakultas Teknik Universitas Sulawesi Tenggara memberlakukan pembelajaran 40 persen teori 60 persen praktik dalam proses belajar mengajarnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Menghasilkan alumni yang berkompeten dan berdaya saing merupakan salah satu impian semua fakultas atau universitas agar mahasiswa siap masuk ke dunia kerja.

Fakultas Teknik Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) terus berupaya mewujudkan dengan cara memberlakukan pembelajaran 40 persen teori 60 persen praktik dalam proses belajar mengajarnya.

Dekan Teknik Unsultra, Irwan Lakawa mengatakan, Fakultas Teknik Unsultra khususnya Teknik Sipil sudah menyesuaikan dengan kurikulum terbaru yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Jadi kami di Teknik Unsultra lebih banyak turun langsung di lapangan daripada pengajaran di kelas. Karena memang sebenarnya yang dibutuhkan mahasiswa kita itu bagaimana mereka kuliah sehingga nantinya bisa masuk ke perusahaan besar dengan gaji yang layak dan tentu dengan pemahaman kerja lapangan yang luas," ujarnya saat diwawancara, Kamis (16/2/2023).

Baca Juga: Antam Konawe Utara Budayakan K3 untuk Ciptakan Lingkungan Kerja Layak

Ia menambahkan, untuk mempersiapkan alumni yang handal, setiap tahun fakultas mengadakan workshop dengan narasumber dosen-dosen Teknik Sipil Unsultra guna melatih mahasiswa agar mampu bekerja di tempat yang layak sesuai dengan kemampuan mereka.

Melakukan praktik lapangan dengan menggandeng beberapa stakeholder terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum, konsultan dan kontraktor.

Baca Juga: 3 Tips Jitu Kurangi Stres Saat Kerja di Kantor

Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Unsultra, Muhamad Al Amin mengatakan, program praktik lapangan sangat membantu mahasiswa untuk mendapatkan ilmu yang tidak didapatkan dalam lingkungan kampus.

"Ini sangat memabantu untuk  menambah pengatahuan teman-teman mahasiswa karena langsung diikutsertakan dalam kegiatan untuk kemudian bisa melihat secara langsung," ujar Amin. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga