Prediksi ChatGPT Bakal Kalahkan Google Search Engine

Muhammad Adhiatma Hidayat , telisik indonesia
Kamis, 02 Februari 2023
0 dilihat
Prediksi ChatGPT Bakal Kalahkan Google Search Engine
ChatGPT diprediksi bakal mengalahkan mesin pencari Google dalam beberapa tahun ke depan. Foto: fnac.com

" ChatGPT yang merupakan robot kecerdasan berbasis AI (artificial inteligence) besutan OpenAI, saat ini popularitasnya sedang naik daun. Hal ini dikarenakan ChatGPT bisa menjawab berbagai pertanyaan dengan sangat luwes dan memiliki konteks "

KENDARI, TELISIK.ID - ChatGPT yang merupakan robot kecerdasan berbasis AI (artificial inteligence) besutan OpenAI, saat ini popularitasnya sedang naik daun. Hal ini dikarenakan ChatGPT bisa menjawab berbagai pertanyaan dengan sangat luwes dan memiliki konteks.

Pasalnya, tiap pertanyaan yang selalu diberikan entah itu seputar strategi bisnis maupun pertanyaan kompleks lainnya dapat selalu dijawab dengan benar dan logis.

Hal tersebut disebabkan karena ChatGPT dianggap dapat memberi jawaban untuk berbagai solusi secara spesifik bagi pengguna. Sedangkan, jika melalui Google Search pengguna harus terlebih dulu mencari halaman website yang cocok untuk mencari jawaban dari sebuah pertanyaan yang diberikan.

Belakangan ini, banyak perusahaan teknologi yang justru khawatir mengenai adanya ChatGPT ini salah satunya adalah Google.

Baca Juga: OPAC Teknologi Terbaru Perpustakaan Modern Hadir di Sulawesi Tenggara

Banyak spekulasi yang mengatakan, nantinya ChatGPT ini bakal mengalahkan popularitas dari mesin pencari (Search Engine) Google Search.

Salah satu spekulasi tersebut datang dari tanggapan pengguna ChatGPT sekaligus mantan Konsultan IT dari salah satu perusahaan teknologi yang berada di Jakarta, Jhonatahan. Ia mengatakan, kalau ChatGPT itu lebih efisien terutama dalam hal pencarian (Search Engine).

"Itu lebih efisien tuh lebih ke ChatGPT, karena ChatGPT itu lebih tau inti yang kita mau gitu. Nah, sedangkan dari segi Google dia (ChatGPT) kalah gitu, kenapa kalahnya.? Karena Google hanya mementingkan AI kontennya gitu," ujar Jhonathan melalui sambungan telepon, Rabu (1/2/2023).

Selain itu ia menambahkan, antara Google dengan ChatGPT sebenarnya tidak terdapat persaingan karena semua itu tergantung dari penggunaannya dan semua itu terdapat fungsinya masing-masing.

"ChatGPT bakal mengalahkan Google, Google juga masih berfungsi nantinya, seperti halnya kayak Yahoo sama Bing gitu, kan masih ada fungsinya gitu," lanjutnya.

Namun hal tersebut mendapat tanggapan lain dari Paul Bucchet yang merupakan pencipta dari Gmail.

Melansir dari laman teknokompas.com, Buccheit memprediksi bahwa kemampuan ChatGPT kemungkinan besar bakal semakin mumpuni di masa depan, didukung dengan makin canggihnya kemampuan komputasi, daya penyimpanan komputer dan aspek lainnya di bidang komputer.

Baca Juga: Terapi Pasien Stroke Kini Bisa Pakai Teknologi VR

Dominasi dari ChatGPT di masa depan juga tak ayal berasal dari keunggulan teknologi atau model AI Chatbot, yaitu di mana AI Chatbot tersebut bisa memberikan jawaban atas aneka pertanyaan pengguna tanpa harus menelusuri banyak situs web.

Sedangkan untuk bahasa yang ditampilkan, ChatGPT juga diklaim bakal lebih mudah dimengerti, dan teknologi AI Chatbot tersebut bakal bisa memproses lebih banyak pertanyaan sesuai konteks dengan waktu yang lebih cepat.

Keyakinan Buccheit tersebut memang hanya sekedar prediksi terhadap perkembangan teknologi ChatGPT saja, yang berarti belum tentu Google Search akan dikalahkan dengan mudah di masa depan, terlebih dalam waktu 2 tahun yang terbilang cukup singkat.

Memang untuk saat ini belum ada yang bisa memastikan apakah ChatGPT bakal benar-benar menumbangkan Google Search atau tidak. Semua ini tergantung dari waktu saja tentang bagaimana teknologi akan semakin maju kedepannya. (B)

Penulis: Muhammad Adhiatma Hidayat

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga