Presiden Amerika Bakal Boikot Olimpiade Beijing

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 19 November 2021
0 dilihat
Presiden Amerika Bakal Boikot Olimpiade Beijing
Presiden Amerika, Joe Biden. Foto: Repro Tirto.id

" Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sedang mempertimbangkan boikot diplomatik terhadap Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing, China "

NEWYORK, TELISIK.ID - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sedang mempertimbangkan boikot diplomatik terhadap Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing, China.

Langkah ini diambil untuk memprotes perlakuan pemerintahan Presiden Xi Jinping terhadap minoritas Muslim Uyghur.

Di bawah boikot diplomatik, atlet Amerika masih akan berpartisipasi dalam pertandingan. Tetapi delegasi resmi pejabat pemerintah AS tidak akan hadir pada Olimpiade yang dimulai 4 Februari 2022 mendatang.

"(Boikot diplomatik Olimpiade China) sesuatu yang (sedang) kami pertimbangkan," konfirmasi Biden kepada wartawan selama pertemuan di Oval Office dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, dikutip dari Cnbcindonesia, Jumat (19/11/2021).

Baca Juga: Ketum JMSI Teguh Santosa Jadi Pemantau Pemilu Venezuela

Gagasan boikot diplomatik terhadap Olimpiade Beijing bukanlah hal baru. Pada awal April, seorang juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan AS sedang dalam pembicaraan dengan sekutu utama untuk memprotes catatan hak asasi manusia China di Olimpiade Musim Dingin.

Dilansir dari The Washington Post bahwa pengumuman boikot diplomatik AS terhadap Olimpiade Beijing kemungkinan akan terjadi sebelum akhir bulan.

Aktivis hak asasi manusia telah lama menyerukan boikot global terhadap Olimpiade Beijing, yang mereka sebut sebagai "Genocide Games". Mereka juga mendesak Komite Olimpiade Internasional untuk menunda atau memindahkan acara tersebut dari China.

Baca Juga: Terancam Bangkrut, Taliban Mohon Amerika Cairkan Aset Afghanistan

Tetapi pemerintah negara Barat umumnya menolak keras gagasan boikot penuh terhadap pertandingan tersebut. Mereka menganggap ini sebuah hukuman yang tidak adil bagi atlet atas kesalahan yang dilakukan oleh pemerintah tuan rumah.

Beijing telah menuai kecaman internasional atas "program represi yang ekstensif" terhadap anggota kelompok etnis minoritas Muslim Uighur. Namun Beijing menyangkal bahwa itu melanggar hak asasi manusia Uighur.

Pada Maret, AS dan sekutunya memberlakukan sanksi terhadap beberapa pejabat di Provinsi Xinjiang, tanah air tradisional orang-orang Uyghur. Sanksi itu tetap berlaku hingga kini. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga