Presiden Barcelona Resmi Mundur

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Rabu, 28 Oktober 2020
0 dilihat
Presiden Barcelona Resmi Mundur
Josep Maria Bartomeu, resmi mundur sebagai presiden klub Barcelona. Foto: Repro Instagram

" Saya pikir kami cukup berhasil dalam beberapa tahun terakhir ini. Barcelona menjadi tolok ukur klub di dunia. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Josep Maria Bartomeu akhirnya resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Barcelona pada Rabu (28/10/2020) dini hari WIB.

Dia mulai menjabat sebagai Presiden Barcelona pada tahun 2014, posisi Josep Maria Bartomeu diguncang hebat setelah klub berjibaku di musim 2019-2020.

Barcelona tersingkir dari Liga Champions dengan kalah telak 2-8 dari Bayern Muenchen dan megabintang Lionel Messi sampai mengancam akan hengkang.

Lebih dari 19 ribu anggota klub sudah menandatangani mosi tidak percaya terhadap Josep Maria Bartomeu dan Pemerintah Catalunya pada Selasa (27/10/2020) malam waktu setempat juga sudah menolak permintaan Bartomeu untuk menunda mosi tersebut.

Sehingga Bartomeu akhirnya mengundurkan diri bersama jajaran direksinya pada Rabu (28/10/2020) dini hari sekitar pukul 03.30 WIB.

Tidak lama setelah berita Bartomeu mundur beredar, yang bersangkutan segera memberikan pernyataan resmi kepada pers.

Baca juga: Fadli Zon Kritik PBB Tak Mampu Redam Konflik Azerbaijan-Armenia

"Pagi ini saya menerima respons dari Pemerintah Catalunya yang menolak permintaan kami untuk menunda mosi tidak percaya selama 15 hari untuk memastikan keamanan di tengah pandemi ini," kata Bartomeu seperti dikutip Bolasport.com dari Mundo Deportivo.

"Kami bersikeras tidak ingin mundur karena harus memastikan masa depan klub di tengah krisis global ini. Kami tidak bisa meninggalkan klub di tangan manajemen sementara. Siapa yang akan merekrut pelatih atau pemain, atau memastikan kontinuitas Messi di klub ini, atau melakukan penyesuaian gaji?"

"Sebagai dewan direksi klub, kami wajib memastikan hal itu, apalagi pemungutan suara presiden baru akan dilakukan pada bulan Maret mendatang. Kami tidak punya alasan untuk mundur, akan tetapi sekarang harus mengambil keputusan ini."

"Banyak yang menyatakan kami menyembunyikan sesuatu, semua itu tidak benar," kata Bartomeu lagi.

"Kami mengundurkan diri dengan belum berhasil mengeksekusi penyesuaian kondisi ekonomi yang dibutuhkan klub. Saya harap dalam beberapa hari ke depan pemotongan gaji pemain bisa disepakati karena kalau tidak, Barcelona bisa menghadapi konsekuensi yang tidak bagus untuk masa depan klub."

"Saya pikir kami cukup berhasil dalam beberapa tahun terakhir ini. Barcelona menjadi tolok ukur klub di dunia."

"Kami mempromosikan tim perempuan. La Masia terus menjadi sumber kebanggaan dan tolok ukur akademi sepak bola di dunia. Barcelona sangat sukses dalam berbagai cabang olahraga."

Baca juga: CEO Facebook Mark Zuckerbeq Diminta Blokir Konten Islamofobia

"Kami mengoleksi total 149 gelar juara dari semua olahraga profesional sejak tahun 2010."

"Sekarang kami ingin membuka lembaran baru. Yang saya inginkan hanya terus menyayangi klub ini. Barcelona akan mendapatkan dukungan penuh dari saya di masa depan."

"Ketika mengambil mandat ini, kami menginginkan Barcelona menjadi klub paling global dan kami telah melakukan itu. Terima kasih kepada seluruh anggota klub, fans, pemain, staf, dan rekan kerja saya di dewan direksi klub."

Selain itu, Bartomeu tidak lupa berharap posisi Ronald Koeman sebagai pelatih tidak diganggu gugat menyusul pengunduran dirinya ini.

"Keputusan untuk merekrut Ronald Koeman harus dibuat oleh dewan direksi dan kami sangat bahagia dengan keputusan ini. Kami berharap waktu akan menambah nilai dari aset kami ini," sebutnya.

Posisi Koeman memang jadi terancam mengingat calon-calon Presiden Barcelona yang baru lebih dikaitkan dengan nama lain seperti kembalinya Pep Guardiola atau Xavi Hernandez.

Status Koeman pun tidak aman karena performa tim kurang memuaskan dengan terakhir kalah di kandang sendiri dalam El Clasico melawan Real Madrid. (C)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga