adplus-dvertising

Presiden Bertolak ke Ende, Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 2022

Berto Davids, telisik indonesia
Selasa, 31 Mei 2022
612 dilihat
Presiden Bertolak ke Ende, Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 2022
Presiden Jokowi tiba di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur untuk memimpin upacara hari lahir Pancasila. Foto: Ist

" Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila di Ende "

ENDE, TELISIK.ID - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila di Ende, Pulau Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Untuk diketahui Kabupaten Ende merupakan tempat pembuangan Bung Karno di masa penjajahan Belanda dan menjadi tempat Bung Karno merumuskan Pancasila.

"Presiden sudah tiba di Ende untuk memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2022 besok," kata Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat, Selasa (31/5/2022).


Dalam lawatan ke Ende, kata Laiskodat, Presiden Jokowi akan menginap dua malam di Ende dan melakukan mengunjungi Kabupaten Ngada untuk blusukan ke Baru Bobou, Bajawa dan Kampus Bambu PT Indo Bambu Lestari, di Desa Ratogesa, Kecamatan Golewa.

"Keesokan harinya, Kamis (2/5/2022), Presiden Jokowi akan melanjutkan kunjungan ke Pulau Sumba mengunjungi Kabupaten Sumba Timur. Di Sumba Timur, Presiden Jokowi akan melakukan penanaman sorgum secara simbolis dan panen sorgum serta berkunjung ke Pasar Inpres Waingapu," kata Laiskodat.

Baca Juga: Ada 320 Ribu Lulusan Kampus Kesehatan Tidak Bisa Kerja, Alasannya Mengejutkan

Sementara itu, berbagai kegiatan menjelang peringatan hari lahir Pancasila telah dilaksanakan mulai dari Gerakan Cinta Rupiah dan Vaksin Massal yang dilaksanakan dari tanggal 20-21 Mei 2022.

Baca Juga: Dahlan Iskan Digugat Kasus Sengketa Tanah

Kegiatan lainnya adalah parade pesona kebangsaan dilaksanakan 27-28 Mei 2022, dilanjutkan dengan pameran ekonomi kreatif dan pentas seni budaya kepak sayap garuda dengan menghadirkan Gilang Ramdhan dan Ivan Nestorman, tanggal 29-30 Mei 2022.

Selain itu juga dilaksanakan kegiatan pembekalan penguatan pembinaan ideologi Pancasila dan simposium nasional pembumian dan penggeloraan Pancasila, melibatkan siswa SMP, SMA dan mahasiswa, tanggal 31 Mei 2022.

Dilanjutkan dengan kegiatan napak tilas penggalian dan perumusan Pancasila 1918-1945, sekaligus seminar nasional merayakan pemikiran jenial Bung Karno tentang Pancasila di Ende. (C)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga