Presiden Jokowi Batalkan Vaksinasi Berbayar

Marwan Azis, telisik indonesia
Sabtu, 17 Juli 2021
0 dilihat
Presiden Jokowi Batalkan Vaksinasi Berbayar
Sektaris Kabinet Pramono Anung ketika menyampaikan keputusan Presiden Jokowi terkait pembatalan vaksin berbayar. Foto: Ist.

" Setelah menuai kritik banyak pihak, akhirnya Presiden Jokowi membatalkan vaksin COVID-19 berbayar bagi individu yang sebelumnya akan disalurkan Kimia Farma. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Setelah menuai kritik banyak pihak, akhirnya Presiden Jokowi membatalkan vaksin COVID-19 berbayar bagi individu yang sebelumnya akan disalurkan Kimia Farma.

"Setelah mendapatkan masukan dan juga respons dari masyarakat, Presiden telah memberikan arahan dengan tegas untuk vaksin berbayar yang rencananya disalurkan melalui Kimia Farma semuanya dibatalkan dan dicabut," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Negara, Jakarta, Jumat (16/7/2021).

Dengan demikian ujar Pramono, seluruh vaksinasi akan tetap menggunakan mekanisme seperti yang telah berjalan saat ini yakni gratis bagi seluruh masyarakat.

Baca juga: PPKM Darurat Diperpanjang hingga Akhir Juli

Baca juga: Menkes: Rumah Sakit Berapapun Ditambah, Tak Pernah Cukup

"Semua vaksin tetap dengan mekanisme yang digratiskan seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden sebelumnya," imbuhnya.

Sementara itu, terkait dengan Vaksinasi Gotong Royong, mekanismenya tetap dilakukan melalui perusahaan dimana perusahaan yang akan menanggung seluruh biaya vaksinasi bagi karyawannya.

"Sehingga dengan demikian mekanisme untuk seluruh vaksin, baik itu yang gotong royong maupun yang sekarang mekanisme sudah berjalan digratiskan oleh pemerintah," pungkasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga