adplus-dvertising

Presiden Jokowi Sumbang Sapi Kurban untuk Sulawesi Tenggara dengan Bobot 1 Ton

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 28 Juni 2022
575 dilihat
Presiden Jokowi Sumbang Sapi Kurban untuk Sulawesi Tenggara dengan Bobot 1 Ton
Sapi kurban yang disumbangkan oleh Presiden Jokowi adalah sapi jenis simental dengan bobot 1.000 kilogram, dan berasal dari Kabupaten Konawe. Foto: Ist.

" Tahun ini Presiden Jokowi kembali sumbangkan sapi kurban untuk Provinsi Sulawesi Tenggara. Sapi tersebut diketahui berjenis simental dengan bobot 1.000 kilogram "

KENDARI, TELISIK.ID - Tahun ini Presiden Jokowi kembali sumbangkan sapi kurban untuk Provinsi Sulawesi Tenggara. Sapi tersebut diketahui berjenis simental dengan bobot 1.000 kilogram.

Sapi tersebut dibeli oleh Presiden Jokowi dari peternak sapi bernama Ade Ariyanto yang berada di Desa Arombu, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, dengan harga Rp 110 juta.

Dan rencananya sapi kurban tersebut akan dikirim ke Masjid Raya Nurul Yaqin yang berada di Pasar Wajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, pada Senin (4/7/2022).


Staf Bagian Bidang Perternakan Bibit dan Produksi, Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tenggara, Muhammad Rusli, S.Pt, M.Pt menjelaskan, sebelumnya sapi ternak Ade Ariyanto itu sudah pernah mengikuti seleksi pada tahun 2021 lalu bersama dengan kabupaten-kabupaten lainnya dan berhasil masuk ke dalam dua besar.

Sayangnya, sapi Ade Ariyanto tak terpilih saat itu karena belum memenuhi beberapa syarat salah satunya yakni, dari segi berat atau bobot sapi.

Baca Juga: Ada Loker Apoteker di Family Farma Kendari, Berikut Kualifikasinya

“Syarat utamanya itu harus berbobot minimal 1.000 kilogram dan saat itu bobot sapi Pak Ade baru sekitar 800 kilogram jadi belum masuk kriteria,” katanya saat ditemui Telisik.id, Selasa (28/6/2022).

Lebih lanjut kata dia, untuk proses seleksi sapi kurban tahun ini melalui proses yang lumayan sulit, dikarenakan banyaknya peternak dari masing-masing kabupaten yang mengikuti seleksi dengan memamerkan sapi terbaik mereka.

Namun, dengan syarat utama yakni harus memiliki bobot paling berat dan paling besar, maka terpilih lah sapi jenis simental milik Ade Ariyanto asal Kabupaten Konawe itu. Sedangkan sapi-sapi peternak lainnya hanya berbobot di bawah 1.000 kg.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, La Ode Muhammad Jabal, S.Pt mengatakan, setelah dipilih sapi tersebut kemudian diperiksa guna memastikan terbebas dari segala penyakit.

“Tahun ini pemeriksaan kesehatannya fokus ke penyakit mulut dan kuku (PMK) dan itu sudah dilakukan, jadi sapi kurban yang akan dikirim ke Buton dalam keadaan baik dan sehat,” ujarnya.

Baca Juga: Bappeda Sulawesi Tenggara Mulai Susun RKPD 17 Kabupaten/Kota Tahun 2023

Diketahui, tempat untuk sapi kurban yang disumbangkan oleh Presiden Jokowi, setiap tahunnya dibagikan pada setiap kabupaten. Di mana tahun lalu penyembelihan sapi kurban Jokowi dilakukan di Masjid Agung Al-Kautsar Kota Kendari, kini giliran Kabupaten Buton yang mendapat kesempatan tersebut.

“Kemarin kan sapi yang asal Kabupaten Konawe Selatan, dikurbankan di Masjid Agung Al-Kautsar Kendari. Nah tahun ini beda lagi dan begitupun dengan tahun yang akan datang lagi,” tambahnya. (B)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga