Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu UAE, Bahas Apa?

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Jumat, 03 September 2021
0 dilihat
Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu UAE, Bahas Apa?
Presiden Jokowi saat menjamu Menteri Negara Urusan Perdagangan Luar Negeri Persatuan Emirat Arab, Thani bin Ahmed Al Zeyoudi, di Istana Merdeka. Foto: Repro suara.com

" Kunjungan dari Menlu UAE, memberikan nilai strategis dan mencerminkan komitmen kedua negara untuk meningkatkan perdagangan dalam rangka pemulihan ekonomi setelah pandemi COVID-19 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan dari Menteri Negara Urusan Perdagangan Luar Negeri Persatuan Uni Emirat Arab atau United Arab Emirates (UAE), Thani bin Ahmed Al Zeyoudi, di Istana Merdeka, Jakarta.

"Baru saja Presiden RI menerima kunjungan kehormatan dari Menteri Negara Urusan Perdagangan Luar Negeri Persatuan Emirat Arab, Doktor Thani bin Ahmed Al Zeyoudi," kata Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dalam konferensi persnya disiarkan YouTube Setpres, Jumat (3/9/2021).

Retno yang turut mendampingi Presiden dalam pertemuan menjelaskan, kunjungan dari Menlu UAE, memberikan nilai strategis dan mencerminkan komitmen kedua negara untuk meningkatkan perdagangan dalam rangka pemulihan ekonomi setelah pandemi COVID-19.

"Di dalam pertemuan tadi Presiden menyatakan menyambut baik dilakukannya peluncuran Indonesia-UEA CEPA dan sudah dilakukannya putaran pertama perundingan," ujar Retno.

"Presiden mengharapkan agar perundingan ini dapat diselesaikan kurang dari satu tahun. Sehingga dalam beberapa bulan ke depan akan dapat diperoleh hasil perundingan mencapai progres yang cukup signifikan," tambahnya.

Lebih lanjut, Retno menambahkan, Presiden menyampaikan bahwa sejauh ini perdagangan antara Indonesia dan UEA masih dapat ditingkatkan. Sebab, angka perdagangan baru mencapai 2,9 miliar USD.

"Dan dengan CEPA nantinya Presiden mengharapkan paling tidak dapat dilakukan kenaikan pedagangan dua tiga kali lipatnya," ucap Retno.

Pemerintah mengharapkan dengan CEPA ini akan memberikan fasilitasi untuk peningkatan kerjasama invenstasi.

Selain itu, masalah infrastrktur lain yang diharapkan Presiden Jokowi untuk investasi dari UAE yaitu di bidang ketahanan, kesehatan, dan bidang ekonomi hijau dan berkelanjutan.

Baca Juga: Draf RUU Ibu Kota Baru Rampung, TNI-Polri Direncanakan Bakal Pindah Duluan

Baca Juga: Perkara Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar, Dewan Pengawas: Tak Perlu Dipidana

Selain itu, kata Retno, Presiden juga menyampaikan harapan agar terjadi kemajuan yang signifikan terhadap kerja sama Indonesia dan UEA untuk Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia.

Presiden juga menyampaikan penghargaan atas dukungan UEA terhadap Indonesia selama pandemi, di antaranya berupa sumbangan 750 ribu dosis vaksin Sinopharm.

“Ke depan isu kerja sama dalam konteks kesehatan ini sekali lagi akan menjadi salah satu prioritas kerja sama antara kedua negara,” katanya.

Sebelumnya, kunjungan Thani ke Indonesia dilakukan dalam rangka menghadiri peluncuran Perundingan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Emirat Arab (UAE) atau Indonesia–United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE-CEPA) bersama Mendag Muhammad Lutfi, yang dilaksanakan di Bogor, Jawa Barat, Kamis (2/9/2021) kemarin. (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga